STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI MAN 1 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ahmad Rifai Syarif, NIM 14010101111, Studi Perbandingan Hasil Belajar Al- Qur’an Hadis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Role Playing di MAN 1 Kendari, program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melalui bimbingan Bapak Dr. H. Herman DM, M. Pd.I Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur‟an Hadis sesuadah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Role Playing di MAN 1 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggambarkan perbandingan hasil belajar Al-Qur‟an Hadis sesuadah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Role Playing di MAN 1 Kendari. Sampel pada penelitian ini ditetapkan dengan teknik Random Sampling yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes (Pos-tes), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model problem based learning mencapai rata-rata 87,87, (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Role Playing mencapai rata-rata 87,30, (3) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model problem based learning (PBL) dan yang menggunakan model role playing (RP) pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MAN 1 Kendari dengan nilai signifikansi 0,851.