ANALISIS PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 1 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Desi Puspita, NIM. 14010103024, Analisis Penerapan Full Day School di SMA Negeri1 Kendari. Dibimbing oleh Dr. Masdin, M.Pd Penulisan ini merupakan penulisan yang berfokus tentang analisis penerapan full day school di SMA Negeri 1 Kendari. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan full day school di SMA Negeri 1 Kendari, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pihak sekolah menerapkan program baru dan mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru di SMA Negeri 1 Kendari. Karna sistem full day school ini anak di beri pelajaran selama sehari penuh di sekolah yang dimulai pada pukul 07:00 sampai dengan 15:15. Full day school bertujuan untuk membentuk karakter para siswa selama berada di sekolah. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode penelitian lapangan yakni observasi, interview, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Kendari, 2) kegitan ekstrakulikuler wajib dan ekstrakulikuler pilihan, 3) membangun nilai-nilai keagamaan pada setiap siswa seperti mengajarkan sholat berjamaah, BTQ, hafalan surah-surah pendek, dan lain sebagainya. SMA negeri 1 Kendari merupakan salah satu sekolah yang ingin mempertahankan program full day school. Kata Kunci: Penerapan Full Day School Di SMA Negeri 1 Kendari