MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMAISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWAKELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 KENDARI
Daftar Isi:
- ABSTRAK SUKARTONO, NIM. 14010101106 “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kendari, (Dibimbing oleh: Syahrul, S.Pd.I., M.Pd.) Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Type STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kendari”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kendari. pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kendari yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam melalui model pembelajaran kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) di SMA Negeri 11 Kendari Kelas XI IPS. Dan meningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) di SMA Negeri 11 Kendari kelas XI IPS. Data diperoleh dengan menggunakan instrument tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan pada tes untuk mengetahui prestasi belajar. Prestasi belajar mengalami peningkatan yang signifikan. hal ini dapat dilihat dari nilai prestasi belajar sebelum diberi tindakan yakni hanya mencapai nilai rata-rata 66,13, dengan ketuntasan 22,72%.Setelah dilakukan tindakan siklus I Ketuntasan belajar mencapai 45% dengan nilai rata-rata 73,35%, keruntasan belajar setelah siklus II mencapai 86,40% dengan nilai rata-rata 78,40. Adapun peningkatan prestasi belajar pra siklus ke siklus I yakni 11,68%. Dan siklus I ke siklus II sebesar 6,15%. Kata kunci: kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division); Prestasi Belajar PAI. iv