PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN QURAN HADITS SISWA KELAS II MIS JABAL NUR LIABUKU KECAMATAN BUNGI BAUBAU
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rasmi, Nim. 20100107.01102, Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Gambar pada Mata Pelajaran Quran Hadits Siswa Kelas II MIS Jabal Nur Liabuku Kecamatan Bungi Kota Baubau Dosen Pembimbing: Drs. Masdin, M.Pd Berdasarkan observasi peneliti, ternyata di MIS Jabal Nur Liabuku, Selama ini masih kuran menggunakan media gambar dalam pembelajaran Quran Hadits. Media gambar belum maksimal digunakan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar. Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits melalui media gambar di Kelas 2 Mis Jabal Nur Liabuku. 2) sSeberapa efektifitas media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 2 Mis Jabal Nur Liabuku. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di Kelas 2 Mis Jabal Nur Liabuku yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1) untuk mengetahui hasil belajar Alquran Hadits melalui media gambar di Kelas 2 Mis Jabal Nur Liabuku 2) Untuk mengetahui Bagaiman efektifitas media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 2 MIS Jabal Nur Liabuku. Media gambar a dalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis menggabungkan interaksi antara sesama siswa. Media gambar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara dengan menggunakan berbagai gambar, dalam hal ini termasuk foto, lukisan gambar dan sektsa untuk lebih mengefektifkan komunikasi dan interaktif antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Hasil belajar adalah merupakan hasil dari pemahaman yang didapat serta penguasaan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum. Sehingga prestasi dapat diukur dengan nilai yang di dapat dari pengadaan tes maupun evaluasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan, (4X35 menit) dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali tindakan (4X35 menit). Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penggunaan media gambar, dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits. telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.