MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V MI ASY SYAFI’IYAH KOTA KENDARI Skripsi
Daftar Isi:
- ABSTRAK Abdul Rahman, NIM. 12010104002 “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V Mi Asy Syafi’iyah Kota Kendari” dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir P, M.Pd, Raehang, S. Ag, M. Pd. I Penelitian ini berjuang untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun masalah dalam penelitian ini dibatasi pada apakah hasil belajar IPS siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas V MI Asy-Syafi’iyah Kota Kendari? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan proses pengkajian berbaur yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana tehnik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Berdasarkan aktifitas siswa dan guru terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 92.85% atau pada kategorit sangat baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa telah berada pada kategori baik. Berdasarkan aktivitas siswa dalam kelompok belajar yang diperoleh dengan persentase 96.05% berada pada kategori baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 70.21 persentase hasil belajar siswa mencapai 54.17%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 76.79 presentase hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 70.83%. Sedangkan pada siklus II peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu dengan nilai rata-rata 81.54, dengan presentase ketuntasan 87.50%. Peningkatan persentase setiap siklus 16,67% dan peningkatan persentase keseluruhan sebesar 33,33%. .