ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/</relation><title>STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA&#xD; DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN&#xD; KONAWE SELATAN&#xD; SKRIPSI</title><creator>MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK&#xD; Muh. Saiful Darmawan Nim 1201010101, &#x201C; Strategi Guru Dalam Meningkatkan&#xD; Self Control Siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten&#xD; Konawe Selatan&#x201D;. ( Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs.&#xD; Masdin , M. Pd )&#xD; Skripsi ini bertujuan; (1).Untuk mendeskripsikan keadaan Self Control siswa&#xD; Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. (2). untuk&#xD; mengetahui dan mendeskripsikan keadaan Self Control siswa di MAN I Konawe&#xD; selatan kecamatan konda kabupaten konawe selatan.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan&#xD; hasil temuan lapangan dengan melalui tehnik pengumpulan data, observasi langsung,&#xD; wawancara, dan studi dokumen. Adapun analisis data ditempuh dengan cara reduksi&#xD; data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan/reabilitas data ditempuh&#xD; dengan cara perpanjangan waktu dilapangan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan&#xD; member check.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan self control siswa di MAN I&#xD; Konawe Selatan dalam kategori baik dan strategi guru dalam meningkatkan Self&#xD; Control siswa di MAN I Konawe Selatan berdasarkan temuan peneliti ada beberapa&#xD; hal diantaranya melalui Keteladanan seperti kedisiplinan diri misalnya tepat waktu&#xD; berangkat kesekolah, tertib dan patuh terhadap peraturan dilingkungan sekolah, dan&#xD; memahami kontrak belajar yang telah disepakati oleh tiap guru mata pelajaran.&#xD; Kemudian melalui Pendekatan Persuasive , pendekatan persuasiv yang dimaksud&#xD; adalah pendekatan persuasif melalui pendekatan dari hari ke hati tidak&#xD; mengedepankan kekerasan dan lebih memperingatkan dengan cara halus. Cara ini&#xD; dilakukan oleh guru dalam mengatasi perkara yang bersangkutan dengan siswa,&#xD; dalam hal ini apabila siswa melanggar tata tertib berat yaitu berkelahi. selanjutnya&#xD; melalui Sikap Tegas dimana hal ini mengacu pada peraturan-peraturan sekolah&#xD; sebagai upaya dalam bersikap tegas kepada siswa yang masih melanggar peraturan&#xD; atau tata tertib sekolah. kemudian memalui Pengawasan hal ini dilakukan untuk&#xD; selalu mengontrol siswa agar senantiasa disiplin dan menjalankan aturan sekolah&#xD; dengan baik. Dan yang terakhir adalah melalui Pembiasaan seperti sholat dzuhur&#xD; secara berjamaah dan khutbah jumat pada siswa di masing masing kelas bertujuan&#xD; agar siswa selalu dekat dengan Allah dengan begitu siswa akan selalu mengontrol&#xD; dirinya untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang&#xD; lain.&#xD; Kata Kunci : Self Control, Strategi Guru.</description><date>2016-11-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI. Skripsi thesis, I. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010
title STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI
publishDate 2016
isbn 12010101010
topic Ilmu Sosial
url http://digilib.iainkendari.ac.id/112/1/COVER.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/8/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/
contents ABSTRAK Muh. Saiful Darmawan Nim 1201010101, “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan”. ( Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs. Masdin , M. Pd ) Skripsi ini bertujuan; (1).Untuk mendeskripsikan keadaan Self Control siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. (2). untuk mengetahui dan mendeskripsikan keadaan Self Control siswa di MAN I Konawe selatan kecamatan konda kabupaten konawe selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan hasil temuan lapangan dengan melalui tehnik pengumpulan data, observasi langsung, wawancara, dan studi dokumen. Adapun analisis data ditempuh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan/reabilitas data ditempuh dengan cara perpanjangan waktu dilapangan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan self control siswa di MAN I Konawe Selatan dalam kategori baik dan strategi guru dalam meningkatkan Self Control siswa di MAN I Konawe Selatan berdasarkan temuan peneliti ada beberapa hal diantaranya melalui Keteladanan seperti kedisiplinan diri misalnya tepat waktu berangkat kesekolah, tertib dan patuh terhadap peraturan dilingkungan sekolah, dan memahami kontrak belajar yang telah disepakati oleh tiap guru mata pelajaran. Kemudian melalui Pendekatan Persuasive , pendekatan persuasiv yang dimaksud adalah pendekatan persuasif melalui pendekatan dari hari ke hati tidak mengedepankan kekerasan dan lebih memperingatkan dengan cara halus. Cara ini dilakukan oleh guru dalam mengatasi perkara yang bersangkutan dengan siswa, dalam hal ini apabila siswa melanggar tata tertib berat yaitu berkelahi. selanjutnya melalui Sikap Tegas dimana hal ini mengacu pada peraturan-peraturan sekolah sebagai upaya dalam bersikap tegas kepada siswa yang masih melanggar peraturan atau tata tertib sekolah. kemudian memalui Pengawasan hal ini dilakukan untuk selalu mengontrol siswa agar senantiasa disiplin dan menjalankan aturan sekolah dengan baik. Dan yang terakhir adalah melalui Pembiasaan seperti sholat dzuhur secara berjamaah dan khutbah jumat pada siswa di masing masing kelas bertujuan agar siswa selalu dekat dengan Allah dengan begitu siswa akan selalu mengontrol dirinya untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Kata Kunci : Self Control, Strategi Guru.
id IOS16254.112
institution IAIN Kendari
institution_id 1408
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN KENDARI
library_id 2563
collection Repository
repository_id 16254
subject_area UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB
Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
city KOTA KENDARI
province SULAWESI TENGGARA
repoId IOS16254
first_indexed 2021-11-17T02:12:18Z
last_indexed 2021-11-17T02:12:18Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1716640235531534336
score 17.538404