STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI
ctrlnum |
112 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/</relation><title>STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA
DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN
KONAWE SELATAN
SKRIPSI</title><creator>MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010</creator><subject>Ilmu Sosial</subject><description>ABSTRAK
Muh. Saiful Darmawan Nim 1201010101, “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan
Self Control Siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten
Konawe Selatan”. ( Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs.
Masdin , M. Pd )
Skripsi ini bertujuan; (1).Untuk mendeskripsikan keadaan Self Control siswa
Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. (2). untuk
mengetahui dan mendeskripsikan keadaan Self Control siswa di MAN I Konawe
selatan kecamatan konda kabupaten konawe selatan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan
hasil temuan lapangan dengan melalui tehnik pengumpulan data, observasi langsung,
wawancara, dan studi dokumen. Adapun analisis data ditempuh dengan cara reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan/reabilitas data ditempuh
dengan cara perpanjangan waktu dilapangan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan
member check.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan self control siswa di MAN I
Konawe Selatan dalam kategori baik dan strategi guru dalam meningkatkan Self
Control siswa di MAN I Konawe Selatan berdasarkan temuan peneliti ada beberapa
hal diantaranya melalui Keteladanan seperti kedisiplinan diri misalnya tepat waktu
berangkat kesekolah, tertib dan patuh terhadap peraturan dilingkungan sekolah, dan
memahami kontrak belajar yang telah disepakati oleh tiap guru mata pelajaran.
Kemudian melalui Pendekatan Persuasive , pendekatan persuasiv yang dimaksud
adalah pendekatan persuasif melalui pendekatan dari hari ke hati tidak
mengedepankan kekerasan dan lebih memperingatkan dengan cara halus. Cara ini
dilakukan oleh guru dalam mengatasi perkara yang bersangkutan dengan siswa,
dalam hal ini apabila siswa melanggar tata tertib berat yaitu berkelahi. selanjutnya
melalui Sikap Tegas dimana hal ini mengacu pada peraturan-peraturan sekolah
sebagai upaya dalam bersikap tegas kepada siswa yang masih melanggar peraturan
atau tata tertib sekolah. kemudian memalui Pengawasan hal ini dilakukan untuk
selalu mengontrol siswa agar senantiasa disiplin dan menjalankan aturan sekolah
dengan baik. Dan yang terakhir adalah melalui Pembiasaan seperti sholat dzuhur
secara berjamaah dan khutbah jumat pada siswa di masing masing kelas bertujuan
agar siswa selalu dekat dengan Allah dengan begitu siswa akan selalu mengontrol
dirinya untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang
lain.
Kata Kunci : Self Control, Strategi Guru.</description><date>2016-11-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iainkendari.ac.id/112/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SKRIPSI. Skripsi thesis, I. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUH. SAIFUL DARMAWAN, NIM. 12010101010 |
title |
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA
DI MAN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN KONDA KABUPATEN
KONAWE SELATAN
SKRIPSI |
publishDate |
2016 |
isbn |
12010101010 |
topic |
Ilmu Sosial |
url |
http://digilib.iainkendari.ac.id/112/1/COVER.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/8/LAMPIRAN.pdf http://digilib.iainkendari.ac.id/112/ |
contents |
ABSTRAK
Muh. Saiful Darmawan Nim 1201010101, “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan
Self Control Siswa Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten
Konawe Selatan”. ( Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Drs.
Masdin , M. Pd )
Skripsi ini bertujuan; (1).Untuk mendeskripsikan keadaan Self Control siswa
Di MAN I Konawe Selatan Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. (2). untuk
mengetahui dan mendeskripsikan keadaan Self Control siswa di MAN I Konawe
selatan kecamatan konda kabupaten konawe selatan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan
hasil temuan lapangan dengan melalui tehnik pengumpulan data, observasi langsung,
wawancara, dan studi dokumen. Adapun analisis data ditempuh dengan cara reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan/reabilitas data ditempuh
dengan cara perpanjangan waktu dilapangan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan
member check.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan self control siswa di MAN I
Konawe Selatan dalam kategori baik dan strategi guru dalam meningkatkan Self
Control siswa di MAN I Konawe Selatan berdasarkan temuan peneliti ada beberapa
hal diantaranya melalui Keteladanan seperti kedisiplinan diri misalnya tepat waktu
berangkat kesekolah, tertib dan patuh terhadap peraturan dilingkungan sekolah, dan
memahami kontrak belajar yang telah disepakati oleh tiap guru mata pelajaran.
Kemudian melalui Pendekatan Persuasive , pendekatan persuasiv yang dimaksud
adalah pendekatan persuasif melalui pendekatan dari hari ke hati tidak
mengedepankan kekerasan dan lebih memperingatkan dengan cara halus. Cara ini
dilakukan oleh guru dalam mengatasi perkara yang bersangkutan dengan siswa,
dalam hal ini apabila siswa melanggar tata tertib berat yaitu berkelahi. selanjutnya
melalui Sikap Tegas dimana hal ini mengacu pada peraturan-peraturan sekolah
sebagai upaya dalam bersikap tegas kepada siswa yang masih melanggar peraturan
atau tata tertib sekolah. kemudian memalui Pengawasan hal ini dilakukan untuk
selalu mengontrol siswa agar senantiasa disiplin dan menjalankan aturan sekolah
dengan baik. Dan yang terakhir adalah melalui Pembiasaan seperti sholat dzuhur
secara berjamaah dan khutbah jumat pada siswa di masing masing kelas bertujuan
agar siswa selalu dekat dengan Allah dengan begitu siswa akan selalu mengontrol
dirinya untuk tidak melakukan hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang
lain.
Kata Kunci : Self Control, Strategi Guru. |
id |
IOS16254.112 |
institution |
IAIN Kendari |
institution_id |
1408 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan IAIN KENDARI |
library_id |
2563 |
collection |
Repository |
repository_id |
16254 |
subject_area |
UNESCO/Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB Religious Ceremonial Laws and Decisions/Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih |
city |
KOTA KENDARI |
province |
SULAWESI TENGGARA |
repoId |
IOS16254 |
first_indexed |
2021-11-17T02:12:18Z |
last_indexed |
2021-11-17T02:12:18Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1716640235531534336 |
score |
17.538404 |