Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hj. Walyati, A.Ma “Peningkakan HasilBelajarPendidikan Agama Islam SiswaMelaluiMetode Picture and Picture PadaSiswaKelas III SDN 19 Abeli Kota Kendari” Permasalahandalampenelitianiniadalah “Apakahhasilbelajar PAIdapatditingkatkanmelaluimetodePicture and Picturepadasiswakelas III SDN 19 Abeli Kota Kendari? Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajar PAI bagisiswakelasIII SDN 19 Abelimelalui model pembelajarankooperatifTipePicture and Picture. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK).Prosedurpenelitianiniadalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasidanevaluasi, (4) refleksi. Sumber data dalampenelitianiniadalah guru dansiswa.Jenis data yang diperolehadalah data kualitatifdan data kuantitatif yangterdiriataslembarobservasidanpenilaianhasilbelajar. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahevaluasihasilbelajaruntuktigasiklusdanlembarobservasibagi guru dansiswaselama proses kegiatanbelajarmengajar. SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasIII SDN 19 Abeli semester genaptahunpelajaran 2011/2012denganjumlahsiswa20 orang, terdiridari9laki-lakidan 11perempuan. Peningkatanhasilbelajarpadamaterigerakan-gerakanshalatfardhudapatdilihatdariskor rata-rata perolehannilaisiswadaritesawalyaitu52,5, meningkat di siklus I 70,5 (meningkat 34,29 %)dansiklus II menjadi82 (meningkat56,19 %). Begitujugadenganpersentasekelulusansiswa (standarnilai 70) yang meningkatdaripre testsebesar 20 %(4siswa), siklus I sebesar 60 % (12 siswa) dansiklus II 100 %. Dari pelaksanaankeduasiklusdalampembelajarandiperolehkesimpulanbahwa model pembelajarankooperatiftipePicture and PicturedapatMeningkatkan hasilbelajar PAI siswakelas III SDN 19 Abeli.