Daftar Isi:
  • ABSTRAK NAMA : Hasrawati Tyokeng NIM : 20100107-00816 Judul : “ Penerapan Metode Pembelajaran Index card match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pendidikan Agama Islam di kelas V SD 2 Touwa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka” Pokok bahasan dalam penelitian ini akan diuraikan tentang masalah penerapan metode pembelajaran index card match untuk meningkatkan hasil belajar pada pendidikan agama Islam di kelas V SD 2 Touwa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran index card match pada pendidikan agama Islam di SD 2 Touwa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka?, bagaimana hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD 2 Touwa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka?, apakah metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar di SD 2 Touwa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka?. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan masalah tersebut untuk dibahas yaitu mulai pengertian metode pembelajaran, deskripsi metode pembelajaran index card match, langkah-langkah penerapan strategi index card match, hakekat hasil belajar , pengertian pendidikan agama Islam, landasan pendidikan agama Islam, fungsi pendidikan agama Islam, sampai pada faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah action research yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat.