Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suryani NIM: 09010101135. “Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe”. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir, MA dan Bapak Aliwar, S.Ag, MPd. Gambaran awal bahwa siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe menunjukkan minat yang masih rendah dalam proses belajar mengajar, sesuai dengan fakta yang teramati bahwa prestasi belajar siswa MTs Darul Ulum Ahuhu masih tergolong rendah. Hal ini terjadi karena siswa menunjukan perhatian yang rendah terhadap pembelajaran, siswa lebih suka bermain-main atau menunjukan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Sehingga untuk memperoleh prestasi belajar yang baik, dibutuhkan minat belajar yang baik pula. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar (Al-Qur’an Hadits) siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe, dengan rumusan masalah apakah ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar (Al-Qur’an Hadits) siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah statistik dengan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, mean, median, modus dan standar deviasi. Analisis inferensial yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment dan analisis uji t. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kec Meluhu Kab Konawe, berjumlah 33 siswa, sedang teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, questionare, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa terdapat adanya hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kec Meluhu Kab Konawe. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian, berdasarkan perhitungan ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 4,41≥ 2,03, maka tolak Ho artinya signifikan dan diperoleh nilai r hitung = 0,615, dengan memperoleh ɑ 5% dan n = 33 maka diperoleh nilai r tabel = 0,344. Sehingga, rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,615 ≥ 0,344. Dan besar sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y adalah KD = r2 x 100%, KD = 0,6152 x 100%, KD = 0,378225 x 100% = 37,82%. Artinya variabel minat belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu kabupaten Konawe sebesar 37,82% dan sisanya 62,18% ditentukan oleh variabel lain.