Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas IX Mts. Negeri Batang Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Author: Setianingsih, Anjar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Diklat Keagamaan Semarang , 2020
Online Access: https://bdksemarang.e-journal.id/Ed/article/view/43
https://bdksemarang.e-journal.id/Ed/article/view/43/11
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul : Upaya  Meningkatkan Keaktifan dan  Hasil  Belajar   IPA Melalui Penerapan  Model Pembelajaran Discovery  Learning  pada  Peserta  Dididk  Kelas  IX MTs. Negeri  Batang Tahun Pelajaran 2019/2020, adalah penerapan pembelajaran dengan model discovery learning, peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pelaksanaannya dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami perbaikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dan kondisi awal , siklus 1 dan siklus 2 mengalami terus peningkatan. Pada kondisi awal ke siklus 1 dan ke siklus 2 persentase keaktifan siswa yang kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni 57% - 18,78 – 0%. Sedang yang kategori sedang 35% - 54,67% - 34%. Sedang yang kategori tinggi dari 8% - 25,44% - 66%. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase siswa yang belum tuntas mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2,  dari 35,29% menjadi 11,76%. Persentase siswa yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 dari 64,71% menjadi 87,5%. Dari tabel menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya tuntas sudah mencapai 87,5%, maka PTK sudah berhasil. Kata kunci : Discovery Learning, Keaktifan Hasil Belajar