HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITF ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PAKUWERU KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Main Authors: Egeten, Eka Christina, Ismanto, Amatus Yudi, Silolonga, Wico
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL KEPERAWATAN , 2017
Online Access: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/17865
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/17865/17386
Daftar Isi:
  • Abstract Early Childhood Education (PAUD) is an education aimed at childrenaged 3 to 6 years and one form of education that focuses on the laying of thefoundation toward physical growth and development. Cognitive development hasan important role for the success of children in learning because some activity inlearning is always associated with thinking problems because it involves thedevelopment of thinking and how the activities of thinking or work the purpose ofresearch to determine whether there is a relationship of early childhood educationwith cognitive development of preschoolers in the village Pakuweru Tenga districtof South Minahasa district. Sampling were taken with total sampling technique,which amounted to 41 people. Design The research used is an analytical surveyusing cross sectional approach and data data collected using questionnaire sheet.The result of chi-square test was obtained p = 0.000. Conclusion There is anassociation of early childhood education with cognitive development of preschoolaged children.Keywords: early childhood education, cognitive development of childrenAbstrak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang ditujukan untuk anak usia 3 sampai dengan 6 tahun dan salah satu bentukpenyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arahpertumbuhan dan perkembangan fisik.Perkembangan kognitif mempunyai perananpenting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian aktivitas dalambelajar selalu berhubungan dengan masalah berpikir karena menyangkutperkembangan berpikir dan bagaimana kegiatan berpikir atau bekerja. Tujuanpenelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan pendidikan anak usia dinidengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di desa Pakuweru kecamatanTenga kabupaten Minahasa Selatan. Sampel di ambil dengan teknik pengambilantotal sampel, yaitu berjumlah 41 orang. Desain Penelitian yang dingunakan adalahsurvey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan data datadikumpulkan menggunakan lembar kuisioner. Hasil penelitian uji chi-square didapatkan p= 0.000. Kesimpulan terdapat hubungan pendidikan anak usia dinidengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah.Kata kunci : pendidikan anak usia dini, perkembangan kognitif