HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN TEKNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG EUNIKE RSU GMIM KALOORAN AMURANG
Main Authors: | Walansendow, Vanda Lucyana, Pinontoaan, Odi R., Rompas, Sefti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL KEPERAWATAN
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/15828 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/15828/15337 |
Daftar Isi:
- Abstract : Patients will feel satisfied when obtaining health care performance equals or exceedsexpectations. Research purposes: To determine the Relationship Between Attitudes and TechniquesTherapeutic Communication Nurse Inpatient Satisfaction in in Space Eunike General HospitalGMIM Kalooran Amurang. Research design: Using Cross Sectional methods. Samples: Thesampling technique used by researchers is accidential sampling is a way of sampling by takingrespondents or cases of accidental and there or provided with a sample of 110 people. Theinstrument used in this study were questionnaires. Research result: The data obtained in thedescriptive analysis and use statistical tests chi-square test with 95% confidence level (α = 0.05)and obtained p-value 0.000 <0.05 and p-value 0.000 <0.05. Conclusion: There is a relationship ofattitude and patient satisfaction in the room Eunike General Hospital GMIM Kalooran Amurangand there is a relationship of communication techniques therapeutic nurse with patient satisfactionat room Eunike General Hospital GMIM Kalooran Amurang. Recommendations: For publichospitals GMIM Kalooran Amurang to remain able to maintain and even improve the quality of theservices, especially how the new communicates attitudes and techniques applied in the therapeuticnurse airport or deal with patients and their families well. As well as providing rewards for nurseswho are considered to have good performance.Keywords : Attitudes, Techniques of therapeutic communication nurse, patient satisfactionAbstrak : Pasien akan merasa puas ketika kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama ataumelebihi harapannya. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan Antara Sikap dan TeknikKomunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Eunike RSUGMIM Kalooran Amurang. Desain Penelitian: Menggunakan Cross Sectional. Sampel: Teknikpengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah accidential sampling yang merupakan carapengambilan sampel dengan mengambil responden atau kasus yang kebetulan dan ada atau tersediadengan jumlah sampel 110 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner.Hasil Penelitian: Data yang diperoleh di analisa secara deskriptif dan menggunakan uji statisticchi-square test dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) dan diperoleh p-value 0,000 < 0,05 danp-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Yaitu terdapat hubungan sikap dan kepuasan pasien rawat inapdi ruang Eunike RSU GMIM Kalooran Amurang dan terdapat hubungan teknik komunikasiterapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Eunike RSU GMIM KalooranAmurang. Saran: Bagi rumah sakit umum GMIM Kalooran Amurang untuk tetap bisamempertahankan bahkan meningkatkan kualitas dalam pelayanan khususnya bagaimana sikap danteknik komuniksi terapeutik perawat yang diterapkan dalam melayani atau menangani pasien dankeluarga pasien dengan baik. Serta memberikan reward bagi perawat yang dinilai memiliki prestasibaik.Kata Kunci : Sikap, Teknik Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien