HUBUNGAN KINERJA KADER POSYANDU LANSIA DENGAN KEPUASAN LANSIA DI KAMPUNG KALIREJO TAHUN 2021
Main Author: | Subagio, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/78/ |
Daftar Isi:
- HUBUNGAN KINERJA KADER POSYANDU LANSIA DENGAN KEPUASAN LANSIA DI KAMPUNG KALIREJO TAHUN 2021 Agus subagio 50 Hal+ 10 lamp+ 6 tabel+ 2 Skema+ 0 Gambar ABSTRAK Latar belakang: Bersamaan dengan meningkatnya usia, beberapa fungsi vital dalam tubuh ikut mengalami kemunduran. Pendengaran mulai menurun, penglihatan kabur, dan kekuatan fisiknya mulai melemah. Sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu derajat kesehatan lanjut usia, perawatan kesehatan bagi lansia dengan menyelenggarakan pelayanan kesehatan lanjut usia di pusat kesehatan masyarakat dan pusat pelayanan terpadu .Pelayanan kesehatan pada lansia salah satunya dengan meningkatkan pelayanan kader posyandu lansia sehingga lansia merasa puas terhadap kinerja kader posyandu lansia.Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja kader posyandu lansia dengan kepuasan lansia di kampung kalirejo tahun 2021.Metode: Penelitan ini mengunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan crossectional sebanyak 36 responden,Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square, instrumen penelitian menggunakan kuesioner kinerja kader dan kepuasan lansia. Hasil: Hasil penelitian adalah 17(42,22%) responden menyatakan kinerja baik dan 19(52,78%) responden menyatakan kinerja kurang baik,18(50%) responden puas dan 18(50%) responden tidak puas. Berdasar analisis statistik bivariat menggunakan korelasi Continuity Correction didapatkan hasil (P value = 0,045).Kesimpulan: Penelitian ini dapat disimpulakan bahwa terdapat hubungan antara kinerja kader terhadap kepuasan lansia di kampung kalirejo.Saran: Kader harus lebih aktif dan giat karena kontribusi kader sangat penting dalam pelayanan posyandu lansia, semakin baik kinerja semakin tinggi kepuasan lansia. Kata Kunci : kinerja kader posyandu, kepuasan lansia, Referensi : 13(2011-2021)