FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: Nuryamin, Dodi Mohamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/43/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Oleh Dodi Mohamad Nuryamin Kemandirian belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses pembelajaran. Seorang siswa dikatakan memiliki nilai kemandirian apabila ia telah mampu melakukan semua tugas-tugasnya secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain, percaya kepada diri sendiri, mampu mengambil keputusan, menguasai keterampilan sesuai dengan kemampuannya, bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya, dan menghargai waktu. Berdasarkan hasil pra-penelitian di SMK Negeri Pagelaran Utara, didapatkan beberapa peserta didik memiliki kemadirian belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa di SMK Negeri Pagelaran Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa kelas X1 di SMK Negeri Pagelaran Utara tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah pada kelas XI berjumlah 15 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan tabulasi yaitu mengelompokkan data ke dalam tabel frekuensi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa adalah Faktor internal yaitu fisik meliputi karena pernah sakit 9,09%, karena kurang sehat 11,69%, karena cacat tubuh 5,19%, rohani meliputi bakat 15,58%, motivasi 12,99%, dan mental 7,79%. Faktor eksternal meliputi kebudayaan 2,99%, keluarga 15,58%, sistem pendidikan 2,60%, dan sistem kehidupan masyarakat 6,49%. Faktor yang dominan yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa adalah bakat (internal) dan keluarga (eksternal). Kata Kunci: Faktor-Faktor Kemandirian Belajar