HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 01 BANYUMAS PRINGSEWU TAHUN 2021

Main Author: Saputra, Bagas Pribadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/103/
Daftar Isi:
  • HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 01 BANYUMAS PRINGSEWU TAHUN 2021 Bagas Pribadi Saputra 64 halaman + 11 lampiran + 7 tabel + 2 gambar ABSTRAK Pendahuluan: Lama penggunan gadget dapat mempengaruhi pada prestasi belajar pada anak sekolah dasar karena pertumbuhan dan peerkembangan mulai dari bayi sampai lanjut usia memiliki pemahaman yang berbeda. Pada zaman sekarang anak sekolah dasar sudah sering main gadget dan orang tua kurang memberikan perhatian kepada anaknya sehingga prestasi belajar menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama penggunaan gadget dengan tingkat prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMPN 01 Banyumas Pringsewu. Metode: Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 01 Banyumas Pringsewu dengan kriteria inklusi Siswa di kelas yang memiliki atau menggunakan gadget dan siswa siswi yang bersedia menjadi responden. Besarnya sampel penelitian ini adalah 144 responden. Pengambilan smpel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuiisoner. Pertanyaan untuk lama penggunaan gadget menggunakan skala rasio dan prestasi belajar menggunakna skala interval dengan menggunakan 16 pertanyaan. Hasil: uji korelasi pearsoan product moment menunjukkan (nilai p =0,000 < 0,05) yang berarti ada hubungan lama penggunaan gadget dengan tingkat prestasi belajar siswa SMPN01 Banyumas Pringsewu. Pembahasan: walaupun pengaruh penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, juga harus diawasi oleh orang tua, guru, dan sekolah tetap melakukan pengawasan kepada siswa agar tidak menyalahgunakan penggunaan gadget terhadap hal-hal yang menyimpang, sehingga akan berdampak pada proses pembelajaran. Kata Kunci : lama penggunaaan gadget, prestasi belajar Referensi : 31 (2015-2021)