Pengaruh Penetapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMA Negeri 1 Langgam Kabupaten Pelalawan Riau

Main Author: Elghina Silma
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2016
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4069
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Elghina_Silma.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa, (2) motivasi terhadap hasil belajar siswa, (3) penerapan model pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Responden penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 26 siswa di SMA 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik pengumpulan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Langgam. Analisis ini sesuai dan dapat mendukung hipotesis yang telah diajukan yaitu: Terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Langgam.Kata Kunci : Model pembelajaran Explicit Instruction, motivasi dan hasil belajarABSTRACTThis study aims to investigate the influence of variables (1) the application of Explicit Instruction learning model to student learning, (2) motivation on student learning outcomes, (3) application of models of learning and motivation together toward student learning outcomes. The respondents are all students of class XI IPS totaling 26 students at SMA 1 Langgam Pelalawan. Data collection techniques that test techniques and techniques of collecting questionnaires. The results showed that the application of learning models explicit instruction can improve motivation and learning outcomes accounting class XI IPS SMA N 1 Langgam. So the results of this analysis appropriate and may support the hypothesis that has been proposed, namely: There is influence between the use of explicit learning model of instruction on learning motivation and learning outcomes accounting class XI IPS SMAN 1 Langgam.Keywords: Explicit Instruction Model learning, motivation and learning outcomes