Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Simpati Di Kota Pekanbaru

Main Author: Riesky Yonelananda Putri
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2016
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4017
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Riesky_Yonelananda_P.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat, hal ini disebabkan adanya ide kreatif dan inovatif dari setiap perusahaan termasuk pada bidang telekomunikasi. Salah satu perusahaan yang ikut bersaing adalah PT.Telkomsel dengan produk Simpati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan kualitas produk, dan harga terhadap, kepuasan dan loyalitas pelanggan kartu simpati di pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna pengguna kartu simpati di Pekanbaru, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 154 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis dan sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. data primer diperoleh dari pengguna kartu simpati melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini metode path analysis untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan pelanggan diperoleh hasil bahwa variabel kualitas produk dan harga produk sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan dan loyalitas kartu prabayar simpati di kota Pekanbaru.Hasil penelitian ini memberikan saran untuk terus meningkatkan memperhatikan aspek-aspek yang terkait di dalam kepuasan kepada pelanggan yaitu jangkauan sinyal yang bagus dengan harga terjangkau. Untuk penelitian selanjutnya agar mengembangkan serta lebih banyak menggunakan variabel dan melibatkan banyak reponden dalam melakukan penelitian sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih baikKata kunci: kualitas produk, harga, kepuasan dan loyalitasABSTRACTNowadays, the competition in the business world increasingly tight, this is due to creative and innovative ideas from each company, including in the field of telecommunications. One of the companies that compete with products is PT.Telkomsel sympathy. This study aims to determine the effect of the relationship of product quality, and price-to, customer satisfaction and loyalty cards sympathy in Pekanbaru. The population in this study are all the sympathy card users in Pekanbaru, while the samples used in this study were as many as 154 people. The sampling technique used purposive sampling. The type and source of research data consist of primary data and secondary data. Primary data was obtained from a simpati card users through questionnaires and interviews.Data analysis techniques to test the hypothesis in this study path analysis method to determine the direct and indirect effects of a set of independent variables (exogenous) to the dependent variable (endogenous). The results of this study indicate that the product quality and price to customer loyalty through improved customer satisfaction result that the variable quality of the product and the price of products together give a significant effect on enhancing customer satisfaction and loyalty prepaid cards of sympathy in the city of Pekanbaru.The results of this study provide suggestions to continue to improve attention-related aspects in the customer satisfaction is a good signal coverage at an affordable price. For further research in order to develop and use more variables and involve many respondents in conducting research so as to produce better resultsKeywords : Product Quality, Price, Customer Satisfaction, Loyalt