Analisis Perencanaan Strategis Terhadap Peningkatan Kerja Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Kampar Studi Pada Usaha Pengelolaan Ikan Di Kecamatan XIII Koto Kampar

Main Author: Yusdiyen Hadinata
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2016
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4006
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Yusdien_Hadinata.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh perencanaan strategik terhadap kinerja usaha kecil menengah sebagai referensi untuk menentukan strategi perencanaan terhadap pelaku usaha RTP (rumah tangga produksi) ikan di Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei dengan metode analisis deskriptif dengan populasi usaha RTP ikan air tawar di Kecamatan XIII Koto Kampar dengan jumlah sampel 100 pelaku usaha.Penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang melibatkan 6 variabel bebas dan 1 variabel terikat dengan hasil yang menyimpulkan bahwa secara serentak (simultan) seluruh variabel bebas berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja RTP, sehingga mampu menggapai keunggulan bersaing. Sedangkan secara parsial (uji t) hanya variabel pemilihan dan implementasi strategi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja RTP.Rekomendasi yang disampaikan dijabarkan dalam bentuk (1) Perencanaan stratgik harus terus menerus dikaji dan digali untuk disesuaikan dengan bentuk (model), ruang lingkup, struktur dan dimensi organisasi usahanya sehingga dapat diterapkan dengan maksimal dan terukur, (2) Perencanaan strategik yang lebih detail, jelas, fokus, mudah dipahami, dapat dilakukan dan mengakomodir sumber daya yang ada untuk mencapai kinerja yang baik sehingga mendapatkan laba usaha yang maksimal, (3) Melibatkan seluruh stake holder (Pemerintah, DPRD, BUMN, Perbankan, dan Swasta) untuk membantu dalam hal kebijakan pemerintah yang dapat mendorong tumbuhnya UKM melalui peraturan perundangan-undangan, bantuan dana melalui CSR, stimulus bunga kredit yang rendah dan pembinaan serta pemasaran hasil usaha.Kata kunci:Misi, tujuan organisasi, analisis link. internal-eksternal, pemilihan-evaluasi strategi, kinerja dan keunggulan bersaing.ABSTRACTThe purpose of this study to analyze the effect of strategic planning on the performance of small dan medium enterprise in a bid to reach a competitive advantage as a reference for determining planning strategies to businesses RTP (domestic production) of fish in District XIII Koto Kampar. This study is classified as a survey with descriptive analysis method with a population RTP businesses freshwater fish in District XIII Koto Kampar with a sample of 100 businesses.The study was conducted by using multiple linear regression method which involves six independent variables and one dependent variable with results concluding that simultaneously all independent variables a significant and positive impact on the performance of the RTP, so as to achieve a competitive advantage. While partially (t test) only variable selection and implementation of a strategy that has a positive and significant impact on the performance of the RTP.Recommendations can be delivered translated into action including: (1) Strategic Planning must be continuously assessed and dug to be adjusted to the shape (model), scope, structure and dimensions of organizational efforts that could be implemented with the maximum and measurable, (2) Strategic planning more detail, clear, focused, easy to understand, to do and to accommodate existing resources to achieve good performance to get the operating profit is maximized, (3) Involve all stakeholders (government, parliament, state enterprises, Banking, and Private) to help in terms of government policies that could encourage the growth of SMEs through legislation and regulations, funding through CSR, low credit interest stimulus and development and marketing of the business.Keywords:Mission, organizational objectives, link analysis. internal-external, election-evaluation of the strategy, performance and competitive advantage.