Respon Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Dan Non BPJS Kesehatan Di Kota Dumai
Main Author: | Sri Yelia |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3945 http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Sri_Yelia.PNG.PNG&width=200 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia,terutama Pegawai Negeri Sipil,Pensiun,PNS dan TNI/POLRI,Veteran,Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya maupun rakyat biasa. BPJS ini baru terbentuk,tapi hasil peleburan PT.Asuransi Kesehatan dan PT.Jamsostek yang telah lama berkiprah mengelola pelayanan kesehatan di Indonesia,bekerjasama dengan Rumah Sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat. Realitanya,pelayanan kesehatan dewasa ini masih buruk.Rumah Sakit cenderung komersial dengan respon yang berbeda terhadap pasien BPJS maupun non-BPJS,rendahnya mutu pelayanan, berbagai kasus mal-praktek yang merugikan pasien,obat-abatan terbatas,pasien banyak mengeluh,administrasi dipersulit dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji masalah bagaimana respon RSUD Kota Dumai dalam pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non-BPJS serta bagaimana penilaian pasien peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan kesehatan RSUD Kota Dumai? Acuan teori adalah “Social Exchange Theory” (Hommans,1994) dengan menggunakan indikator fungsi pelayanan kesehatan rumah sakit. Metode penelitian kuantitatif deskriptif, pengukuran skala likert dan dianalisis dengan tabulasi,persentase dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon RSUD Kota Dumai dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan ternyata kurang baik,yang ditandai oleh antrian peserta,sarana dan prasarana kesehatan serta peralatan terbatas,jumlah tenaga medis tidak mampu melayani pasien yang semakin banyak, komunikasi petugas dan pasien tidak lancar,fasilitas ICU,emergency,ruang perawatan dan lainnya relative kurang untuk melayani pasien. Penilaian pasien terhadap respon RSUD Kota Dumai dalam memberikan pelayan kesehatan kurang memuaskan.Saran yang diperlukan,antara lain penambahan tenaga medis dan non medis di RSUD Kota Dumai serta tenaga yang cakap di BPJS agar dapat melayani kesehatan masyarakat yang semakin meningkat,peningkatan sarana dan prasarana kesehatan secara bertahap dan perlu pola baru untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Kata Kunci : Respon, BPJS, Pelayanan ABSTRACTSocial Security Agency (BPJS) Health is a State Owned Enterprise assigned exclusively to organize health insurance for all Indonesian people,especially the Civil Service,Retired civil servants and TNI / Police,Veterans,Independence Pioneers and their families and other business entities or people ordinary. This BPJS newly formed,but remelting PT.Health Insurance and PT.Social Security has long been active managing health services in Indonesia,in cooperation with the Hospital as a means of public health services. In reality,today's health service is still bad. Hospitals tend to be commercial with different responses to patients and non-BPJS BPJS,low quality of service,various cases of mal-practices that harm patients,drug-abatan limited,many patients complain,the administration is complicated and so forth.This study aimed to examine the issue of how the response Dumai City Hospital in healthcare services for participants and non-BPJS BPJS and how the patient's assessment of health BPJS participants to healthcare Hospital Kota Dumai? Reference theory is "Social Exchange Theory" (Hommans,1994) using the indicator function of the hospital health care. Descriptive quantitative research methods,measurement Likert scale and analyzed by tabulating,percentages and cross tabulation. The results showed that the response of hospitals Dumai in providing health care to the patient,the BPJS Health and Non BPJS was less good,which is characterized by a queue of participants,the health infrastructure and limited equipment,the number of medical personnel were unable to serve patients more and more,communications officer and the patient is not smooth,ICU facilities,emergency,infirmary and other relatively less to serve patients.Rating patient responses Dumai City Hospital in providing health care services less satisfied.Suggestion required,among others,the addition of non-medical personnel and medical Hospital Kota Dumai and skilled personnel in BPJS in order to serve the public health is increasing,improvement of health infrastructure gradually and need a new pattern to further improve the quality of public health services.Keywords: Response, BPJS Services