Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Pada PT Bank BNI Syariah Cabang Pekanbaru
Main Author: | Sukresna Wibowo |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3790 http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Sukresna_Wibowo.PNG.PNG&width=200 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBalanced Scorecard digunakan dengan cara mengidentifikasi turunan strategi dari visi dan misi perusahaan dari pandangan empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan menerapkan pengukuran kinerja jika menggunakan balanced scorecard dan selanjutnya mengetahui pengaruh keempat perspektif balanced scorecard terhadap kinerja.Penerapan BSC untuk perspektif pelanggan dilakukan dengan melakukan survei kepada responden nasabah sebanyak 96 responden untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebanyak 51 orang responden pegawai untuk melihat tingkat kepuasan dan motivasi pegawai. Analisa statistik inferensial menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS).Hasil penelitian menunjukkan total skor BSC sebesar 107,8% atau menunjukkan bahwa kinerja BNI Syariah Cabang Pekanbaru tahun 2016 dalam kategori excellent. Perspektif keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan t hitung (2,069) > t tabel (2,013), perspektif pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan t hitung (2,913) > t tabel (2,013), perspektif bisnis internal tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan t hitung (1,262) < t tabel (2,013) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan t hitung (2,212) > t tabel (2,013).Keywords : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, KinerjaABSTRACThe Balanced Scorecard is used by identifying strategic derivatives of the company's vision and mission from a four-perspective perspective: financial, customer, internal processes, and learning and growth. The purpose of this research is to design and apply performance measurement if using balanced scorecard and then to know the influence of the four balanced scorecard perspectives on performance.Application of BSC for customer perspective is done by conducting a survey to customer respondents as much as 96 respondents to see the level of customer satisfaction while learning and growth perspective as many as 51 employee respondents to see the level of satisfaction and motivation of employees. Inferential statistical analysis using Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS) method.The results showed the total BSC score of 107.8% or show that the performance of BNI Syariah Branch Pekanbaru 2016 in the category of excellent. Financial perspective has significant effect on performance with t count (2.069) > t table (2.013), customer perspective has significant effect on performance with t count (2,913) > t table (2.013), internal business perspective has no significant effect on performance with t arithmetic 1,262) < t table (2.013) and learning and growth perspective have a significant effect on performance with t arithmetic (2,212) > t table (2.013)Key words: Balanced Scorecard, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Perspective, Learning and Growth Perspective, Performance