Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ekologis Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Perspektif Konsumen Di Kota Pekanbaru

Main Author: Ristiyono
Format: Masters xiii, 134 hlm. ; 28 cm
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2016
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=360
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Ristiyono.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRISTIYONO, NIM 1410245258. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ekologis Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan: Perspektif Konsumen Di Kota Pekanbaru. Di bawah bimbingan ALVI FURWANTI ALWI, dan LILIS SULISTYOWATI, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor penentu perilaku keputusan pembelian ekologis. Dengan menggunakan metode purposif sampling melibatkan 150 responden. Dimana sample merupakan konsumen kota pekanbaru yang pernah mengkonsumsi produk ekologis minimal lebih dari dua kali. Berdasarkan skala yang dikembangkan dari berbagai penelitian sebelumnya, penelitian ini menguji pengaruh persepsi, perhatian lingkungan, efektivitas konsumen, kolektivisme, kesediaan membayar lebih mahal, minat, tindakan, terhadap keputusan pembelian produk ekologis di Kota Pekanbaru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner denagan skala likert 1 sampai dengan 5, kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package Of Social Science) versi 22. Penelitian membuktikan bahwa semakin tinggi persepsi konsumen, perhatian lingkungan, efektivitas konsumen, minat dan, semakin tinggi tindakan terhadap produk ekologis maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian ekologis dan berpengaruh langsung terhadap masalah lingkungan. Temuan lainnya adalah kolektivisme dan kemauan untuk membayar lebih ke arah perilaku pembelian secara ekologis tidak signifikan berdasarkan hasil ini perusahaan dapat merancang produk dan program pemasaran komunikasi tepat dan sesuai dengan harapan pelanggan, sedangkan bagi pemerintah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk menentukan kebijakan yang dapat menyelamatkan lingkungan.Kata kunci : Kolektivisme, persepsi konsumen, perhatian pada lingkungan, efektivitas konsumen, kolektivisme, kesediaan membayar lebih mahal, minat, tindakan, keputusan pembelian ekologis. ABSTRACTThe purpose of this study was to examine the determinants of the behavior of ecological purchasing decisions. By using purposive sampling method involved 150 respondents. Where the sample is consumer Pekanbaru city that never consumes minimal ecological product more than twice.Based on the scale developed from many previous studies, this study examines the effect of perception, attention to the environment, consumer effectiveness, collectivism, the willingness to pay higher prices, interest, action, against the decision of purchasing ecological products in Pekanbaru. Data were collected using a questionnaire denagan Likert scale of 1 to 5, and then analyzed using SPSS (Statistical Package Of Social Science) version 22.Research shows that the higher the consumer's perception, attention to the environment, the effectiveness of consumer interests and, the higher the action on ecological product, the influence on purchase decisions directly affect the ecological and environmental problems.Other findings are collectivism and willingness to pay more toward purchasing behavior ecologically insignificant based on the results of these companies can design products and marketing programs of communication appropriate and in accordance with customer expectations, while for the government, the results of this study can be used as input to determine policy can save the environment.Keywords: Collectivism, consumer perception, attention to the environment, consumer effectiveness, collectivism, the willingness to pay higher prices, interest, action, ecological purchasing decisions.