Peran Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Supervisi Akademik Di MTs Negeri Dan MTs Muhammadiyah Sungai Apit

Main Author: Nartam
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3490
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Nartam.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNARTAM, NIM. 1510248445, Peran Kepala Sekolah dalam Kegiatan Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Sungai Apit, dibimbing oleh Isjoni dan Murni Baheram Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peran kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik di MTS Negeri dan MTS Muhammadiyah Sungai Apit. Yang meliputi peran sebagai pengembang sumber daya manusia, peran sebagai pengembang kurikulum, peran sebagai mediator hubungan antar warga sekolah dan peran sebagai administator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah sebagai informan inti dan wakil kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah sebagai informasi kontrol. Observasi dilakukan dengan mengamati peran kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik. Studi dokumentasi adalah pengumpulan data yang menganalisa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan peran kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah MTS Negeri dan MTS Muhammadiyah telah melaksanakan perannya sebagai pengembang sumber daya manusia, sebagai pengembang kurikulum, sebagai mediator hubungan antar warga sekolah dan sebagai administator dalam kegiatan supervisi akademik di sekolahnya masing-masing.Kata kunci : peran,kepala sekolah,superrvisi akademikABSTRACTNARTAM, Number of registration 1510248445, The role of Headmaster in Academic Supervision Activities at Madrasah Tsanawiyah Negeri and Madrasah TsanawiyahMuhammadiyahSungai Apit, guided by Isjoni and MurniBaheram This study has a purpose to obtain information about the role of headmaster in academic supervision activities at MTS Negeri and MTS MuhammadiyahSungai Apit. Which one includes the role of human resource developers, curriculum developer, mediator of relationships among the citizens in school and the role of administration. Data collection technique in this research include is interview, observation and documentation study. Interviews were conducted with the headmaster as core informants and vice of headmaster, teachers and school supervisors as control information. Observation is done by observing the role of principal in academic supervision activities. Documentation of study is data collection that analyzes documents relating to the principal's role in academic supervision activities. The result of the research shows that the principal of MTS Negeri and MTS Muhammadiyah has performed its role as human resource developer, curriculum developer, mediator of relationship among school people and asadministration in academic supervision activity in each school.Keywords: Role, Headmaster, Academic supervision