Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar

Main Author: Badani
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3483
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Badani.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBADANI, NIM. 1510248099, Peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar negeri di kecamatan rumbio jaya kabupaten Kampar, di bimbing oleh M. Nur Mustafa, dan Hasnah Faizah AR.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang upaya apa yang dilakukan untuk menghilangkan hambatan peran pengawas sekolah SDN Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data campuran atau mix method, Informan terdiri dari kepala dinas pendidikan, korwas, pengawas, kepala sekolah, komite, dan kepala sekolah. Sedangkan angket dibagikan kepada 100 responden yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan staf sekolah terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawas SDN Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar belum berperan secara maksimal, Faktor-faktor penyebab terjadi kesenjangan dalam pelaksanaan peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu di SDN Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut: (a) Kurangnya pembinaan kemampuan profesional pengawas sekolah; (b) Sumber daya yang terbatas; (c) Kurangnya respon positif kepada pengawas sekolah dibandingkan dengan guru dan kepala sekolah; (d) Peran pengawas dalam konteks peningkatan mutu pendidikan belum sejalan dengan PP No. 19 Tahun 2005 tentang standar mutu pendidikan; (e) Cara pengawas sekolah kurang baik; (f) Kurangnya pembinaan pengawas sekolah secara terpola; (g) Penempatan tugas pengawas tidak secara terpola. Upaya-upaya menghilangkan faktor-faktor sebab terjadinya kesenjangan dalam pelaksanaan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kecamatan Rumbio Jaya yaitu: (1) Supervisor, (2) Advising, 3) Monitoring, (4) Reporting, (5) Coordinating, (6) Performing leadership memimpin pengembangan kualitas SDM di sekolah binaannya, (7) Pembinaan pengawas secara terpadu dan; (8) Penempatan petugas pengawas secara tepat.Kata Kunci: Pengawas Sekolah, Meningkatkan Mutu PendidikanABSTRACTBADANI, NIM. 1510248099, The role of school supervisors in improving the quality of public primary school education in rumbio jaya district Kampar regency, guided by M. Nur Mustafa, and Hasnah Faizah AR.This study aims to get a picture of what efforts are made to eliminate the obstacles the role of school supervisor SDN Rumbio Jaya District Kampar District. This study used a qualitative approach with mixed data collection technique or mix method. The informant consisted of head of education office, korwas, supervisor, principal, committee, and principal. While the questionnaire was distributed to 100 respondents consisting of teachers, principals, and selected school staff.The results of this study indicate that the supervisor SDN Rumbio Jaya District Kampar District has not played a role maximally, the factors causing the gap in the implementation of the role of school supervisors in improving the quality in SDN Rumbio Jaya District Kampar Regency are as follows: (a) Lack of professional supervisory skills supervision school; (b) Limited resources; (c) Lack of positive responses to school supervisors compared to teachers and principals; (d) The role of supervisor in the context of improving the quality of education has not been in line with the PP. 19 Year 2005 regarding education quality standard; (e) The way in which school supervisors are poor; (f) lack of supervision of school supervisors in a pattern; (g) The assignment of supervisor tasks is not patterned.Efforts to eliminate the causes of gaps in the implementation of school supervisors in improving the quality of education in SDN Rumbio Jaya District are: (1) Supervisor, (2) Advising, 3) Monitoring, (4) Reporting, (5) Coordinating, 6) Performing leadership leads the development of the quality of human resources in the target schools, (7) the supervisory development in an integrated manner and; (8) Proper placement of supervisors.Keywords: School Supervisor, Improving Education Quality