Evaluasi Kerja Pengawas Sekolah Dasar (SD) Gugus 1 Kecamatan Siak

Main Author: Teti Herawati
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3468
http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Teti_Herawati.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTETI HERAWATI, NIM 1410246005, Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Dasar (SD) Gugus 1 Kecamatan Siak, dibimbing oleh Zulfan Saam dan Caska.Tujuan penelitian ini mengungkapkan dan menganalisis secara jelas dan cermat beberapa hal yaitu (1) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengawas (2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan fungsi pembinaan akademis dan manajerial pengawas (3) untuk mengetahui dan menganalisis pelaporan pengawas (4) untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pengawas dilihat dari tugas pokok dan fungsi pengawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan metode telaah dokumen, observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Gugus 1 Kecamatan Siak. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP yang meliputi evaluasi terhadap Context (C), Input (I), Process (P), dan Product (P). Model CIIP tersebut maka di adaptasi sesuai dengan kebutuhan dalam mengevaluasi sehingga menghasilkan penilaian yang disebut dengan tafsiran. Kinerja pengawas Sekolah Dasar (SD) Gugus 1 Kecamatan Siak sudah baik ini berarti bahwa pengawas dalam melaksanakan pengawasannya sudah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Pelaporan pengawas Sekolah Dasar (SD) dengan kegiatan kepengawasan yaitu : pembinaan guru, pembinaan sekolah, pemantauan SNP, PK-Guru, PK-Kepsek, pembinaan dan pelatihan guru, pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah.Kata Kunci : Kinerja, Pengawas, SD Gugus 1ABSTRACTTETI HERAWATI, NIM 141024600, The Evaluation Of Elementary School Supervisor Gugus 1 Siak Regency. Supervised and proctoring by Zulfan Saam and Caska.The goal of this research is to mention and analyze clearly through : (1) to know and analyze the implementation of main task and evaluator function (2) to know and analyze the implementation of academical training function and evaluator managerial competencies (3) to know and analyze reporting of evaluator main task (4) to know and analyze supervisor performance by reviewing main task and supervisor function.This research is using qualitative descriptive method by document review, observation and interview. The research held at Elementary Gugus 1 Siak Regency. Type of evaluation used in this research is CIPP which is stand for Context (C), Input (I), Process (P), dan Product (P). This type adopted as per the needful in evaluating until get the scoring which called interpretation. The performance of the supervisor in Elementary School Gugus 1 Kecamatan Siak is in good scoring, it means that the supervisor has implemented their supervision as well as they implemented the main task and function. The reporting of Elementary School Gugus 1 supervisor is related to the supervision activity as follows: teachers training, school training, head master and teacher guidance and training activity. Keywords: Performance, Supervisor, Elementary School Gugus 1