Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya Mutu Terhadap Perilaku Sosial Guru Di SMA Swasta Kecamatan Sail Kota Pekanbaru
Main Author: | Nora Aprina |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3457 http://lib.pps.unri.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Nora_Aprina.PNG.PNG&width=200 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja dan Budaya Mutu terhadap Perilaku Sosial guru SMA Swasta di Kecamtan Sail Kota Pekanbaru. Adapun variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu Kepuasan Kerja (X1) dan Budaya Mutu (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah Perilaku Sosial (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang guru SMA Swasta di Kecamatan Sail Pekanbaru yang diperoleh dari simple random sampling. data penelitian ini berupa data primer yang bersumber dari kuesioner dengan skala Linkert 1-5. Analisi data menggunakan analisis regresi berganda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)variabel kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap perilaku sosial guru dengan dengan koefisien determinasi sebesar 0,478 ;2) Budaya mutu berpengaruh positif terhadap perilaku sosial guru dengan koefisien determinasi sebesar 0.388; 3)variabel Kepuasan Kerja (X1) dan Budaya Mutu (X2) secara bersama-sama berpengaruh sebesar 50.9% terhadap perilaku sosial guru, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kesimpulan menunjukkan bahwa perilaku sosial guru dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kepuasan kerja dan budaya mutu. Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Budaya Mutu, Perilaku SosialABSTRACTThis study aims to determine the effect of Job Satisfaction and Quality Culture on Organizational Citizenship Behavior of Private High School teachers in Sail sub-district Pekanbaru. The research variables consist of two independent variables namely Job Satisfaction (X1) and Quality Culture (X2) while the dependent variable is Organizational Citizenship Behavior (Y). The sample in this research is 81 private high school teachers in Sail sub district Pekanbaru obtained from simple random sampling. The data was gathered from questionnaire with scale of Linkert 1-5. Data analysis used multiple regression analysis. The result showed that: 1) job satisfaction variable had positive effect on teacher’s organizational citizenship behavior with coefficient of determination equal to 0,478; 2) Quality culture had positive effect to teacher’s organizational citizenship behavior with coefficient of determination equal to 0.388; 3) Job Satisfaction (X1) and Quality Culture (X2) variables together account for 50.9% of teacher's organizational citizenship behavior, the rest is influenced by other variables not included in this research. The conclusion has shown that the teacher's social behavior can be improved by improving job satisfaction and quality culture.Keywords: Job Satisfaction, Quality Culture, Organizational Citizenship Behavior