Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pedagang Pasar Dalam Membayar Retribusi Pasar Pada Dinas Pasar Kota Pekanbaru
Main Author: | Dita Indah Fitri |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Pascasarjana Universitas Riau
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2874 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDITA INDAH FITRI, NIM. 1410245253, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pedagang Pasar Dalam Membayar Retribusi Pasar Pada Dinas Pasar Kota Pekanbaru. dibimbing oleh Meyzi Heriyanto dan Chalid Sahuri.Pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kemandirian daerah, perlu dilakukan perluasan objek pajak daerah dan retribusi daerah dan pemberian diskresi dalam penetapan tarif. Dalam upaya menghasilkan penerimaan daerah melalui sektor pajak dan retribusi guna mendukung program Pemerintah dalam pembangunan, maka Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru melalui instansi terkait terus berupaya dan bekerja keras guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar mendapatkan kepuasan sesuai dengan harapan yang diinginkan semua pihak seiring dengan dinamika yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Pasar Kota Pekanbaru sebagai penyedia jasa pelayanan pajak dan retribusi (khusus dalam penelitian ini adalah retribusi pasar) adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan yang terdiri dari: kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan wujud fisik (tangibility).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pedagang pasar pada Dinas Pasar Kota Pekanbaru dalam membayar retribusi pasar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berhubungan dengan kualitas pelayanan (kualitas jasa) dan kepuasan pelanggan. Hipotesa yang diuji adalah kelima dimensi kualitas pelayanan yang mempunyai hubungan dengan kepuasan pedagang pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Sifat penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pedagang pasar yang dikenakan kewajiban pembayaran retribusi pasar dan sedang melakukan pembayaran retribusi pasar di wilayah kerja Dinas Pasar Kota Pekanbaru dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dilakukan secara accidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi instansi. Metode Analisis Data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan (kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, wujud fisik) secara simultan dan parsial bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang pasar. Variabel empati adalah variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pedagang pasar.Kata kunci : Kualitas Pelayanan,Retribusi Pasar dan Kepuasan Pedagang PasarABSTRACTDITA INDAH FITRI, NIM. 1410245253, Influence of Service Quality Satisfaction Market Traders Pay Levy In Market In Pekanbaru City Market Agency. guided by Meyzi Heriyanto and Chalid Sahuri.Local taxes and levies are one source of local revenue that is essential to finance the implementation of the regional administration. In order to improve the public service and the independence of the region, it is necessary to expand the object of local taxes and levies and the granting of discretion in setting tariffs. In an effort to generate local revenue sector through taxes and levies to support the Government in development, the Local Government of Pekanbaru through relevant agencies continue to strive and work hard to improve the quality of service to the community in order to get satisfaction in accordance with the desired expectations of all parties in line with the dynamics occurs in social life. One of the efforts undertaken by the Office of Market Pekanbaru City as a service provider of tax and levy (specifically in this study is the market levy) is to provide a quality service. Quality of service consisting of: reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance), empathy (empathy) and physical form (tangibility).This study aims to identify and analyze the impact of service quality to satisfaction of market traders in Pekanbaru City Market Agency to pay the levy in the market. The theory used in this study relates to the quality of service (quality of service) and customer satisfaction. The hypothesis being tested is a fifth dimension of service quality with connections to the satisfaction of the market traders. This type of research is a survey research. The nature of research is descriptive. The study population was subject to market traders and the market tax payment obligations are conducting market tax payments in the working area of Pekanbaru City Market Agency using a questionnaire as a research instrument. Total sample of 100 people conducted by accidental. Data collected by observation, questionnaire and documentation agencies. Data analysis methods used is the Multiple Linear Regression.The results showed that the dimensions of service quality (reliability, responsiveness, assurance, empathy, physical form) simultaneously and partially positive and significant effect on satisfaction of market traders. Variable empathy is the dominant variable influencing satisfaction of market traders.Keywords: Quality of service, market retribution and satisfaction market traders.