Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak Studi Pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia

Main Author: Dwi Fionasari
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Riau , 2017
Subjects:
Online Access: http://lib.pps.unri.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2833
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDWI FIONASARI, NIM. 1510243984. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan yang Listing di BEI), dibimbing oleh Andreas dan Enni Savitri.Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Selanjutnya, penelitian ini juga menganalisis perbedaan pengungkapan CSR dalam tiga sektor besar (primer, sekunder, dan tersier).Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016 sebanyak 539 perusahaan. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 129 sampel. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website BEI. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21.0.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Kemudian dari hasil Uji T, ternyata sektor primer lebih luas mengungkapkan tanggung jawab sosialnya dibandingkan pada sektor sekunder dan tersier.Kata Kunci:Pengungkapan corporate social responsibility, agresivitas pajak, primer, sekunder, dan tersier. ABSTRACTDWI FIONASARI, NIM 1510243984. The Effect of Corporate Social Responsibility Disclosure on Tax Aggressiveness (Study on Companies Listing in Indonesia Stock Exchange) Supervised and proctoring by Andreas and Enni Savitri.The purpose of this research is to examine and analyze the effect of corporate social responsibility disclosure on tax aggressiveness. Furthermore, this research also analyze the difference of corporate social responsibility within three major sector (primary, secondary, and tertier).The population in this research are companies listing in Indonesia Stock Exchange in 2014-2016 as many as 539 companies and purposive sampling was used as sampling method. It was obtained 129 companies as samples. This research use secondary data taken by BEI website. Statistical method used to test the research hypothesis is using multiple linear regression with SPSS 21.0 program.The result of the research prove that corporate social responsibility disclosure do not effect on tax aggressiveness. Furthermore, T Test result that primary sector more corporate social responsibility disclosure than secondary and tertier sector.Key Words:Corpoarate social responsibility disclosure, tax aggressiveness, primary, secondary, tertier.