PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL EJAS DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT

Main Author: Savitri Wanabuliandari dan Susilo Rahardjo, Sekar Dwi Ardianti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/995
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/995/775
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Efektivitas model EJAS dengan pendekatan science edutainment terhadap peningkatan perilaku peduli lingkungan (2) Efektivitas model EJAS dengan pendekatan science edutainment terhadap peningkatan perilaku tanggung jawab (3) Respon siswa terhadap model EJAS dengan pendekatan science edutainment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkanbahwa model EJAS dengan pendekatan science edutainment dapat meningkatkan perilaku peduli lingkungan sebesar 73% dengan kategori tinggi, dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab sebesar 65% dengan kategori sedang, serta respon siswa terhadap model EJAS dengan pendekatan science edutainment pada kategori baik.