ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN
Main Author: | putri, linda indiyarti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/4083 http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/4083/3219 |
Daftar Isi:
- Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hal ini menjadi masalah mendasar yang berdampak langsung pada prestasi akademik siswa. Berhasil tidaknya kesuksesan seorang siswa tidak semata-mata bergantung pada kecerdasan kognitif saja, tetapi juga dipengaruhi oleh dimensi kepribadian mereka. Penelitian lapangan kualitatif ini mengambil fokus penelitian mencari pola bagaimana kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik MI Yasua Pilangwetan Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Tujuannya adalah mencari dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika meliputi tipe kepribadian: (1) Artisan; (2) Guardian; (3) Idealist; (4) Rational. Hasil analisis menyatakan bahwa subjek dengan tipe kepribadian Rational yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika lebih tinggi dari tipe kepribadian yang lain karena Rational memenuhi keempat aspek kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika.