PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI IPA MA NEGERI TANA TORAJA
Main Authors: | Fadhilah, Nurul, Sabo’, Hidayah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://etdci.org/journal/jrip/article/view/28 https://etdci.org/journal/jrip/article/view/28/21 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada materi sistem gerak pada manusia, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara, sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student facilitator and explaining (SFAE) terhadap hasil belajar biologi siswa yang dibuktikan dengan hasil uji rata-rata nilai kelas kontrol lebih rendah dari kelas eksperimen yaitu 29 < 54,56 dan berdasarkan nilai Sig (2-tailed) > α adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student facilitator and explaining (SFAE) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem gerak pada manusia kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja.