TA Perancangan User Interface/User Experience Automatic Teller Machine Merah Putih dengan Menggunakan Metode Design Sprint pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri

Main Author: Kurniawan, Mochammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5961/13/14410100154-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5961/14/14410100154-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5961/
Daftar Isi:
  • ATM adalah salah satu layanan e-banking yang digunakan oleh bank. Saat ini Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri memiliki 123 mesin ATM yang tersebar di kota maupun kabupaten kediri yang bisa digunakan oleh nasabah. Responden yang akan di survey merupakan nasabah bank dan pihak IT serta pengelola ATM Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kediri. Untuk tampilan ATM sekarang masih berupa layar berwarna biru dengan tulisan dan tulisan berwarna putih. Ada beberapa permasalahan yang dialami pengguna dalam mengoperasikan ATM dari tidak adanya icon untuk mempermudah pengguna, bentuk tampilan dan tulisan yang kurang menarik bagi pengguna, kepuasan pengguna dalam mengoperasikan tampilan ATM saat ini, kesesuaian letak tombol pada ATM, serta kemudahan dan pemahaman pengguna dalam mengoperasikan ATM. Dengan metode design sprint yang terdiri dari lima tahapan pada penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan desain user interface maupun user experience berupa prototype. Setelah melakukan validasi dengan menggunakan AB Testing telah di dapatkan bahwa prototype A lebih banyak di pilih dengan presentase tujuh puluh lima persen (75%) dari pada prototype B yang hanya dua puluh lima persen (25%) sehingga dapat di simpulkan bahwa nasabah lebih menyukai dengan tampilan ATM yang lebih berwarna dan ditambahkan icon agar isi pada menu dapat dengan mudah di pahami oleh pengguna.