TA Perancangan Identitas Visual Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness
Main Author: | Wardana, Wisnu Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5944/1/15420100030-2021-UNIVERSITAS%20DINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5944/2/15420100030-2021-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5944/ |
Daftar Isi:
- Kabupaten Jawa Timur memiliki segudang potensi untuk industri perjalanan, yang tidak relevan dibandingkan dengan berbagai daerah di Indonesia. Beberapa tempat wisata yang ada di daerah Malang yang sering dikunjungi seperti Pancuran Kalireco, Sumber Jenon, Taman Wisata Selecta, Coban Talun, Sumber Maron, Sumber Sira, dan masih banyak lagi. Sumber Sira merupakan mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pencucian umum dan juga sebagai sumber mata air atau sistem air untuk persawahan. Pada tahun 2016 mulai dibuka sebagai tempat wisata, industri travel menyatakan Sumber Sira masih dalam tahap perbaikan, misalnya membuat lorong untuk memudahkan para tamu mengingat jalannya yang navigasinya masih terjal sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset, pengembangan kawasan perhentian untuk roda empat, tidak ada petunjuk arah dari 1 Km menuju kawasan, kemajuan destinasi liburan dilakukan oleh pihak tak tersentuh (tamu) melalui media online dan video blog, sedangkan pengembangan media cetak baru dilakukan di Maret 2019 dengan memanfaatkan brosur. Karena tidak adanya penanganan khusus yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga tidak dapat bersaing dengan destinasi wisata Sumber Maron yang letaknya sangat dekat dengan Sumber Sira, dan juga tidak memiliki identitas visual yang dapat menjawab gambaran dan kualitas yang digerakkan oleh wisata Sumber Sira. Dari permasalahan tersebut cenderung terlihat bahwa Sumber Sira Malang membutuhkan identitas yang dapat ditampilkan kepada masyarakat luas untuk memperluas brand awareness yang dapat direncanakan dengan memanfaatkan teknik eksplorasi subjektif dan selanjutnya sebagai metode pembuatan media waktu terbatas yang dapat diakui oleh wilayah lokal yang lebih luas. Media waktu terbatas seperti X-Banner, Marchendise, Fixed Set, Leaflet, Banner, dan Wayfinding Sign. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk merancang identitas visual wisata Sumber Sira Malang sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness.