TA Analisis dan Perancangan User Interface Aplikasi Transaksi Pemesanan dan Pemasaran pada Kunokini Cafe & Resto Berbasis User Centered Design (UCD)
Main Author: | Wisnuyana, Heryawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5912/13/17410100010-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5912/2/17410100010-2021-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5912/ |
Daftar Isi:
- KUNOKINI Cafe & Resto merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang food and beverage, berada di Jalan Raya Prapen No. 69 Surabaya. KUNOKINI Cafe & Resto selama ini memasarkan usahanya menggunakan media sosial. Permasalahan yang terdapat pada Kunokini Cafe & Resto adalah pelanggan yang akan reservasi Meeting room / Ballroom melalui kontak media sosial saat ini, merasa kesulitan untuk mengetahui dan menentukan pemesanan tempat yang sedang tersedia atau tidak. Hal tersebut disertai dengan banyak nya pilihan paket menu dalam pemesanan ruangan. Permasalahan kedua, pelanggan perlu menunggu lama untuk proses pemesanan tempat karena pihak KUNOKINI Cafe & Resto masih menggunakan buku catatan. Permasalahan ketiga, didapatkan dari data pada bulan Oktober 2020 – Januari 2021 terus mengalami penurunan. Dibutuhkan solusi IT untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan merancang suatu sistem berbasis website pada KUNOKINI Cafe & Resto. Berdasarkan hal tersebut, sebelum merancang sebuah program (software) perlu adanya prototype sebagai proses pengembangan awal sebuah program. Prototype dirancang untuk memudahkan developer dalam proses mengembangkan aplikasi. Perancangan prototype pada website KUNOKINI Cafe & Resto menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Pengguna website KUNOKINI Cafe & Resto adalah pelanggan dan admin. Prototype ini dirancang menggunakan tools figma. Hasil prototype diuji kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan ruangan hingga proses transaksi pemesanan berhasil. Admin mengkonfirmasi terhadap pemesanan ruangan yang telah dipilih oleh pelanggan. Dalam proses pengujian prototype menggunakan metode usability testing untuk mengevaluasi produk sebagai tolak ukur dari pengguna. Dari hasil pengujian prototype mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,9 % yang berarti rancangan tersebut dapat diterima oleh pengguna.