TA Perancangan Videoclip Motion Graphic sebagai Upaya Pengenalan Warna Primer dan Sekunder pada Buah-Buahan dan Hewan untuk Taman Kanak-Kanak

Main Author: Puteri, Dhita Ariesta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5898/14/17420100008-2021-UNIVERSITAS%20DINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5898/13/17420100008-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5898/
Daftar Isi:
  • Usia dini merupakan masa terpenting dan paling dasar sepanjang tumbuh kembang kehidupan manusia. Di usia ini, memberikan pendidikan dini sangat penting untuk membangun kemampuan anak dalam berfikir dan menanggapi sesuatu. Pada masa ini pengetahuan tentang warna merupakan salah satu aspek kemampuan kognitif yang harusnya sudah dikuasai oleh anak usia dini. Namun banyak dari orang tua dan guru yang masih menggunakan metode lama untuk mengajarkan mengenai warna pada anak maupun siswa, sehingga banyak anak yang masih ragu dan kurang percaya diri dalam menyebutkan warna. Selain itu metode pembelajaran yang teoritis membuat anak menjadi mudah bosan sehingga anak merasa susah dalam mencerna teori tersebut. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk merancang Videoclip motion graphic untuk meningkatkan semangat belajar anak tentang warna serta mempermudah orang tua dalam mendampingi anaknya belajar mengenai warna. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang bersifat deduktif yang bersumber dari observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Dari hasil analisis yang diperoleh maka didapatkan kata kunci “active” yang menunjukkan bahwa dengan ide dan gagasan yang kreatif serta berinovasi baru, agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan baru bagi anak dan orang tua serta guru. Hasil perancangan ini diimplementasikan pada video motion graphic mengenai warna yang diimplementasikan pada buah dan hewan, media promosi (x banner, poster, feed Instagram dan youtube), dan merchandise (stiker). Harapan dari penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna anak pada usia dini dan pengetahuan para siswa/i mengenai susunan warna primer dan sekunder supaya dapat lebih mudah diingat dan mendukung rasa percaya diri serta memberikan rasa senang dan antusias pada anak saat mempelajari berbagai warna meskipun proses pembelajaran saat ini dalam masa kegiatan belajar dan mengajar online, dengan catatan orang tua harus tetap turut serta dalam proses belajar anak.