Daftar Isi:
  • Pada saat ini Bagian Kamar Obat pada Klinik Utama Rawat Inap dan Bersalin Siti Aisyah Surabaya masih melakukan pendataan menggunakan buku dan belum menerapkan sistem informasi pada bagian ini, pendataan yang masih manual ini dapat menjadi sebuah permasalahan yang bila sering terjadi akan menyebabkan data-data yang sudah dicatat akan memungkinkan tidak benar karena human error dan untuk segi kecepatannya pun juga masih lambat jadi memerlukan waktu yang agak lama dalam melakukan transaksi obat. Solusi yang diberikan pada Bagian Kamar Obat dengan membuat sebuah aplikasi berbasis desktop yang bernama “Biling Kamar Obat” yang akan membuat Staf/Petugas Bagian Kamar Obat akan lebih mudah dalam pengerjaannya dan juga dari segi kecepatan akan tentu lebih cepat dengan menggunakan aplikasi berbasis dekstop ini, untuk aplikasi berbasis desktop ini akan mudah digunakan oleh penggunanya(Staf/Petugas) karena aplikasi berbasis desktop ini akan memiliki user interface yang familiar dan mudah untuk dipahami oleh penggunanya karena user friendly dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil kerja praktik yang telah dilakukan oleh penulis adalah berupa sebuah aplikasi Sistem Biling Kamar Obat berbasis desktop memiliki fungsi-fungsi yaitu sebagai pengelola data, penginputan data obat yang masuk kedalam gudang, menampilkan data stok obat, menampilkan riwayat pembelian obat, menghitung biaya obat yang dibeli, mencetak struk pembelian dan penginputan data transaksi pembelian obat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyederhanakan proses bisnis yang ada di Bagian Kamar Obat dan menyimpan data dalam sistem dengan lebih baik dan terjaga. Sehingga informasi yang dihasilkan Biling Kamar Obat menjadi lebih baik dan berkualitas.