TA Sistem Reservasi Pelayanan Rawat Jalan pada Rumah Sakit dengan Menggunakan Metode Antrian dan SMS

Main Author: Imron, Akhmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5651/1/STIKOMP-Undergraduate-19-Abstraksi.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5651/
https://digilib.dinamika.ac.id/detil.php?id=19
Daftar Isi:
  • Antrian merupakan permasalahan klasik yang sering menjadi pembicaraan dikalangan umum. Pokok persoalan dalam antrian rumah sakit adalah menentukan waktu efisien pasien datang untuk berobat di rumah sakit. Umumnya pemecahan permasalahan ini digunakan untuk efisiensi waktu dan biaya. Konsep dasar pembuatan aplikasi ini berdasarkan permasalahan antrian yang sudah dikembangkan menggunakan device mobile phone dengan mengirimkan SMS sebagai sarana untuk berinteraksi dengan sistem. Pada Tugas Akhir ini dibahas mengenai perancangan dan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk sistem reservasi rawat jalan dengan menerapkan antrian sebagai metode untuk menentukan waktu efisien pasien datang yang diaplikasikan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang melalui mobile phone dengan mengirimkan SMS ke terminal penerima sistem. Pasien cukup mengirimkan permintaan reservasi melalui SMS dan tinggal menunggu SMS balasan. Aplikasi ini dapat memberikan informasi waktu efisien pasien datang, nomer antrian, poliklinik yang dituju. Dengan demikian pasien dapat tahu kapan waktu efisien pasien datang, tanpa harus antri berlama-lama di dalam rumah sakit. Diharapkan aplikasi ini dapat memberi kemudahan dalam menentukan waktu efisien pasien datang.