LKP: Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Pengantar Berbasis Website pada RT.3 RW.1 Josenan Kota Madiun

Main Author: Prasetyo, Bagus Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5624/2/18410100173-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5624/1/18410100173-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5624/
Daftar Isi:
  • Sistem informasi dengan menggunakan media elektronik diharapkan dapat membantu pihak pengelola administrasi dapat melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien. Banyak organisasi yang menggunakan sistem informasi dengan media elektronik dalam pengelolaan administrasi, termasuk organisasi pelayananan masyawarakat terkecil yaitu Rukun Tetangga (RT). Rukun Tetangga (RT) merupakan suatu organisasi pelayanan masyarakat yang berada di bawah naungan Rukun Warga dalam wilayah kelurahan atau desa dan dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat. Begitu pula dengan RT. 3 RW.1 Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun berlokasi di Jalan Sukarno Hatta Gg. II dan Gg. III Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun. RT. 3 RW. 1 dalam melaksanakan kegiatan administrasi masih menggunakan cara manual, terutama dalam pengelolaan Permintaan Surat Pengantar. Cara manual dalam melakukan Permintaan Surat Pengantar yaitu warga harus mendatangi rumah ketua RT, mencari data pada buku catatan data warga dan menulis pada formulir Surat Pengantar yang sudah tersedia. Dikarenakan masih manualnya cara yang digunakan, terdapat beberapa permasalahan sehingga menimbulkan tidak efekti dan efisiennya pelayanan RT kepada warga. Oleh karena itu, rancang bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Pengantar Berbasis Website pada RT. 3 RW. 1 Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun dibuat untuk membantu mempermudah dalam pengajuan permohonan surat pengantar secara online, mendata warga dan juga membuat surat pengantar secara online. Sehingga, permasalahan dan kendala yang dialami dapat diselesaikan dengan baik dan pelayanan dalam bidang administrasi yang dilakukan RT kepada warga dapat berjalan secara efektif dan efisien.