TA Perancangan Desain User Interface/User Experience E-Rapor Berbasis Mobile dengan Metode Lean User Experience (Studi Kasus pada SMAN 4 Kota Probolinggo)
Main Author: | Sugandhi, Rahman Fadillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5597/9/14410110015-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5597/1/14410110015-2021-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5597/ |
Daftar Isi:
- SMAN 4 adalah salah satu sekolah negeri di kota Probolinggo yang sudah menerapkan teknologi informasi. Sekolah ini dulunya merupakan Sekolah Olah Raga namun oleh Pemerintah pada tanggal 15 Juli 1991 Sekolah ini resmi dirubah dari SGO ke SMA Negeri 4 Probolinggo. Dalam upayanya menjadi sekolah Negeri terbaik di kota Probolinggo sekolah ini berupaya membuat inovasi baru yaitu suatu layanan teknologi informasi salah satunya adalah E-Rapor. E-Rapor adalah aplikasi sistem informasi akademik berbasis web dari Dinas Pendidikan yang sudah ada sejak tahun 2016 dengan tujuan untuk memberikan informasi akademik kepada siswa. Di dalam E-Rapor versi web tidak terdapat notifikasi apabila nilai sudah dimasukkan oleh guru. Selain tidak adanya notifikasi E-Rapor versi web saat ini masih terlihat kurang menarik dan kurang responsive sehingga menyebabkan berkurangnya minat dalam menggunakan aplikasi E-Rapor versi web. Dengan permasalahan diatas, maka pada penelitian ini dibuat prototype design user interface / user experience pada aplikasi E-Rapor berbasis mobile application yang dapat mendukung mobilitas pengguna yang memiliki aktivitas yang padat dan dengan desain interface aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna mobile application. Hasil success rate pengujian prototype aplikasi E-Rapor pada iterasi pertama mencapai 85% yang menandakan bahwa user interface / user experience prototype dapat mudah digunakan pertama kali pada tampilan mobile.