TA Analisis Kesuksesan Website STIKES Artha Bodhi Iswara Surabaya dengan Menggunakan Model Delone dan McLean

Main Author: Denianto, Farid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5587/1/13410100212-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5587/2/13410100212-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5587/
Daftar Isi:
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Artha Bodhi Iswara Surabaya (STIKES ABI) pada saat ini menggunakan website untuk melakukan kegiatan pembelajaran, dan kegiatan pendaftaran. Website STIKES ABI digunakan mulai tahun 2016 dan dilakukan banyak perubahan setiap tahunnya. Permasalahan pada website STIKES ABI saat ini jumlah pengunjungnya akhir-akhir ini menurun. Rata-rata jumlah pengunjungnya adalah 77 per bulan. Sejak awal penggunaan website STIKES ABI hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi tentang kesuksesan. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dilakukan analisis kesuksesan pada website STIKES ABI Surabaya dengan Model Delone dan McLean yang terdiri dari variabel kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan sebagai variabel independen dan variabel penggunaan, variabel kepuasan pengguna dan variabel manfaat bersih sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 151 responden, terdiri atas 62 mahasiswa aktif STIKES ABI dan 89 masyarakat umum termasuk calon mahasiswa baru. Hasil dari analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata dari tiap variabel. Untuk variabel kualitas sistem diperoleh rata-rata sebesar 3,54 yang artinya mendekati baik, untuk kualitas informasi sebesar 3,62 yang artinya mendekati baik, kualitas layanan sebesar 3,51 yang artinya mendekati baik, penggunaan sebesar 3,42 yang artinya cukup baik, kepuasan pengguna sebesar 3,57 yang artinya mendekati baik, dan manfaat bersih sebesar 3,61 yang artinya mendekati baik. Sedangkan hasil analisis menurut metode Structural Equation Modeling (SEM) diperoleh nilai variabel kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna sebesar 43,18%, variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna sebesar 31,73%, variabel kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap variabel penggunaan sebesar 45,39% dan variabel kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap manfaat bersih sebesar 48,77%. Berdasarkan hasil pengaruh tersebut menunjukkan bahwa pada saat ini STIKES ABI Surabaya harus lebih meningkatkan kualitas sistem dan kualitas layanan agar dapat meningkatan kepuasan pengguna website STIKES ABI, sehingga kedepannya dapat meningkatkan jumlah pengunjung website STIKES ABI.