TA Penerapan Gamification Leaderboards & Collecting Point pada Rancang Bangun Sistem Pemasaran Produk sebagai Pendukung Proses Bisnis Pemasaran UD Sumber Lancar

Main Author: Hikmah, Amirotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5575/1/16410100145-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5575/2/16410100145-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5575/
Daftar Isi:
  • UD. Sumber Lancar adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang produksi aksesoris dan spare part sepeda motor. Proses bisnis pemasaran produk pada UD. Sumber Lancar adalah pelanggan atau sales toko aksesoris dan spare part sepeda motor datang langsung untuk melakukan transaksi pembelian barang secara grosir maupun eceran. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah terjadinya penurunan pelanggan dari bulan ke bulan, apalagi terjadinya masa pandemi corona yang harus mewajibkan PSBB sehingga mengakibatkan penurunan pemasaran produk dikarenakan pemasaran konvensional yang langsung datang ke perusahaan. Serta data pemasaran terdapat perbedaan pada pemasaran online melalui marketplace dan offline, pemasaran online lebih banyak daripada offline sehingga Perusahaan mengembangkan usahanya tidak hanya melalui marketplace tetapi juga menyediakan website transaksi untuk pemasaran. Solusi yang ditawarkan adalah aplikasi sistem pemasaran produk dengan menerapkan metode gamification yang berfokus pada leaderboards dan Collecting point. Pengembangan sistem menggunakan system development life cycle (SDLC) yang terdapat empat proses yaitu communication, planning, construction, dan deployment. Hasil yang didapatkan berupa aplikasi pemasaran yang memberikan pilihan kepada Pelanggan melakukan transaksi datang ke perusahaan atau dikirimkan, serta aplikasi ini menerapkan gamifications dengan menggunakan elemen leaderboards dan collection point. Poin yang didapatkan ditukarkan dengan kupon potongan sehingga pada saat melakukan pemesanan Pelanggan mendapatkan potongan harga. Hasil uji coba yang telah dilakukan, sistem sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna yang telah dirancang.