TA Analisis Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Transaksi E-toll Menggunakan Metode IT Balanced Scorecard pada PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol

Main Author: Shiba, Sarah Hasna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5562/1/15410100038-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5562/2/15410100038-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5562/
Daftar Isi:
  • Unit teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses bisnis pada suatu perusahaan, salah satunya adalah PT Jasa Marga. PT Jasa Marga sebagai penyedia jalan bebas hambatan telah memberlakukan pembayaran non-tunai yaitu Electronic Toll (E-toll). Adanya pembaharuan sistem transaksi pada jalan tol masih ada permasalahan yang terjadi pada transaksi E-toll. Permasalahan yang ada pada transaksi E-toll meliputi, Portal rusak, Reader Error, Lane Printer, Toll Collector Terminal, Automatic Line Barrier, OBS rusak, Customer Display Panel dan Pultol Identity Display (Data kerusakan, 2018). Sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja teknologi informasi transaksi E-toll pada PT Jasa Marga cabang Surabaya-Gempol dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard (IT BSC). IT BSC akan mengukur kinerja departemen TI dari empat perspektif, yaitu Kontribusi Perusahaan, Orientasi Pengguna, Penyempurnaan Operasional dan Orientasi Masa Depan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan metode gabungan antara metode kualitatif dengan kuantitatif yang menunjukkan bahwa PT Jasa Marga khususnya Tol Surabaya- Gempol telah memenuhi 2 perspektif berkategori baik pada perspektif kontribusi perusahaan dan perspektif penyempurnaan operasional serta 2 perspektif berkategori cukup pada perspektif orientasi pengguna dan perspektif orientasi masa depan.