TA Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil dengan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) pada AUTO2000 Kenjeran Surabaya untuk Meminimalkan Waktu Pelayanan

Main Author: Setyaji, Andrean Ricky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5557/2/16410100149-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5557/11/16410100149-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5557/
Daftar Isi:
  • Auto2000 Kenjeran Surabaya merupakan salah satu dealer resmi yang bergerak sebagai jaringan jasa penjualan, perbaikan, perawatan, dan penyedia suku cadang Toyota. Lokasi Auto2000 Kenjeran terletak di jalan Kenjeran No.516, Kota Surabaya, Jawa Timur. Proses pembelian mobil pada Auto2000 Kenjeran dilakukan saat customer datang ke dealer Auto2000 Kenjeran maupun secara online melalui media sosial. Pada saat melakukan proses pembelian terkadang customer bingung untuk memilih mobil dikarenakan kurangnya informasi seputar mobil, selain itu terdapat juga sales yang masih baru sehingga susah untuk mengetahui keinginan customer. Yang membuat lamanya proses pelayanan yang pada mulanya sales memerlukan waktu ± 30-45 menit dalam menawarkan dan memberikan informasi seputar mobil dikarenakan sales harus mencari tahu mobil seperti apa yang diinginkan oleh customer.Berdasarkan permasalahan yang ada, maka diusulkan solusi untuk Auto2000 Kenjeran berupa sistem pendukung keputusan pemilihan mobil dengan menggunakan metode fuzzy analytical hierarchy process yang dapat membantu customer dalam mencari mobil dan meminimalkan waktu dalam mecari mobil yang diinginkan, dikarenakan terdapat fitur car finder dalam sistem pendukung keputusan pemilihan mobil yang dapat membantu customer dalam mencari mobil sesuai keiginan customer hanya dengan memilih dan memberikan nilai untuk tiap kriteria dan alternatif yang diinginkan, kemudian sistem akan menghitung nilai yang dimasukan menggunakan metode F-AHP dan hasil rekomendasi mobil terbaik akan ditampilkan ke customer. Setelah itu, customer juga dapat memesan mobil dengan menekan tombol pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dapat meminimalkan waktu pelayanan dari pihak Auto2000 yang semula ± 30 menit menjadi ± 12 menit. Selain itu, terdapat juga fitur vehicles dan recommendation car yang memberikan informasi seputar mobil sehingga customer menjadi tidak bingung lagi dalam memilih mobil. Berdasarkan hasil uji coba, fungsi utama aplikasi yaitu pemberian informasi seputar mobil, pemilihan mobil sesuai kriteria dan alteranatif yang telah disediakan, pemesanan mobil, dan pembuatan laporan dapat berjalan dengan baik. Hasil pengolahan dari kuesioner yang telah diisi oleh pihak Auto2000 juga menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini dapat dibuktikan dengan total skor kuesioner mencapai 98.33% dari skor maksimal 100%.