LKP Pemanfaatan Digital Marketing (SHOPEE) untuk Membantu Meningkatkan Kegiatan Pemasaran Secara Online pada UMKM Miss Batik Collection
Main Author: | Raniswara, Dewi Anindya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5482/1/17430100008-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5482/2/17430100008-2021-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5482/ |
Daftar Isi:
- UMKM Miss Batik Collection adalah UMKM yang bergerak pada bidang fashion. Metode pembuatan batik yang dilakukan oleh Miss Batik Collection diantaranya batik cap, batik tulis, dan batik jumput. Motif batiknyapun dibuat sendiri oleh pemilik dari Miss Batik Collection. UMKM Miss Batik Collection ini merupakan satu-satunya UMKM yang berkembang di Desa Suratan RW 03, Kota Mojokerto. Sumber daya manusia yang terlibat dalam Miss Batik Collection rata-rata adalah masyarakat sekitar Desa Suratan. Salah satu kendala yang dialami oleh Miss Batik Collection adalah tidak melakukan pemasaran secara online, baik menggunakan media sosial maupun e-commerce atau media digital lainnya. Sebuah UMKM harus mengikuti kemajuan teknologi informasi dengan tujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Bentuk penerapan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi adalah dengan melakukan penjualan online. Bentuk pemasaran yang bisa diterapkan oleh UMKM Miss Batik Collection adalah pembuatan akun e-commerce. E-commerce yang digunakan adalah Shopee, karena berdasarkan survet The Asian Parents pada Desember 2017, merupakan platform belanja pilihan pertama untuk para ibu di Indonesia dengan presentase 73%. Dengan memanfaatkan e-commerce, UMKM Miss Batik Collection dapat lebih mudah memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.