LKP Peranan Media Sosial Instagram dan Marketplace Shopee sebagai Media Pemasaran Online pada UMKM Wiwit Collcetion

Main Author: Inkiriwang, Mellysa Astria Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5478/9/17430100020-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5478/2/17430100020-2021-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5478/
Daftar Isi:
  • Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat mengatasi pengangguran dan mendorong stabilitas usaha yang berkelanjutan. UMKM Wiwit Collection adalah sebuah perusahaan handcraft yang memproduksi kerajinan berupa tas dan tudung saji dari eceng gondok. UMKM Wiwit Collection mempromosikan produknya dengan mengikuti pameran di Surabaya dan memberikan pesanan kepada orang terdekat. Dalam hal ini, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan kompleks secara terus menerus, UMKM Wiwit Collection dituntut untuk melakukan dan melacak perkembangan teknologi, salah satunya dengan melakukan kegiatan promosi melalui Instagram dan e-commerce Shopee. Minimnya penggunaan media promosi menggunakan Instagram dan Shopee membuat UMKM Wiwit Collection menggunakan teknologi yang ada secara sederhana atau tidak optimal, hal ini membuat perusahaan sulit meningkatkan penjualan. Berdasarkan penjelasan tersebut, solusi yang dirancang adalah membuat dan mengimplementasikan media sosial Instagram dan marketplace Shopee sebagai aplikasi media pemasaran online (digital marketing). Digital marketing digunakan sebagai kunci pemasaran online yang tepat terkait tata letak, konten, dan copywriting. Melalui perancangan dan implementasi digital marketing, UMKM Wiwit Collection saat ini dapat secara efektif menjalankan kegiatan operasional dan dapat menjual produknya secara online dengan tepat.