Daftar Isi:
  • Saat ini, terjadi kerusakan maupun kehilangan dokumen SI (Shipping Instruction) sebanyak 5% karena shipper mengirimkan dokumennya dalam bentuk kertas yang harus di input kembali oleh bagian dokumen ekspor. Selain itu, shipper tidak dapat memantau status pengiriman muatannya sehingga harus menelpon bagian customer service maka mengurangi kecepatan customer service terhadap pelayanan pelanggan lainnya. Pada proses pelaporan akhir kegiatan ekspor, bagian dokumen hanya mengarsip dokumen manifest dan mempetakan dalam periode satu bulan. Aplikasi ini akan dibuat berbasis web yang terdiri dari fitur input data shipping instruction, fitur pemantauan status pengiriman muatan, dan fitur pelaporan akhir dalam bentuk grafik. Dengan adanya aplikasi ini, pihak shipper dapat melakukan input data shipping instruction secara langsung ke dalam website, selain itu pihak shipper juga dapat memantau posisi/status muatannya saat sedang dikirim ke pelabuhan tujuan. Kepala cabang juga dapat melihat laporan kegiatan ekspor secara real time.