TA ; Rancang Bangun Aplikasi Penjualan pada PT. Tamindo Permai Glass

Main Author: Sutantiara, Ibnu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5316/1/15410100057-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5316/2/15410100057-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5316/
Daftar Isi:
  • PT. Tamindo Permai Glass adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan berbagai jenis dan ukuran kaca setengah jadi menjadi kaca yang sudah diolah dan siap dipakai sesuai kebutuhan. Perusahaan ini melakukan pencatatan pemesanan yang dilakukan oleh marketing pada kertas, untuk kemudian diserahkan kepada supervisor untuk dikonfirmasi harga. Penggunaan kertas ini membuat proses pencatatan dan konfirmasi dapat memakan waktu dan terdapat kemungkinan untuk hilang dan rusak pada saat yang tidak diinginkan. Seringkali customer meminta informasi kepada marketing mengenai barang yang dipesannya dan sedang dalam proses produksi, hal ini membuat marketing harus datang ke pabrik yang berada cukup jauh dari kantor untuk menanyakan kepada pihak production. Pembuatan laporan dilakukan dengan pencarian data yang disimpan pada sebuah folder pada sistem operasi windows yang mengakibatkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengolahan data. Rancang bangun aplikasi pada penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle dengan metode Waterfall. Dari proses bisnis yang didapatkan, terdapat 4 pengguna dalam aplikasi ini yaitu supervisor, marketing, finance dan production. 4 masalah utama yang diangkat yaitu pencatatan pemesanan yang dilakukan secara manual, proses tracking produksi oleh marketing, konfirmasi pemesanan dan pemberian diskon, dan generate dashboard atau laporan. Aplikasi yang dibangun dapat melakukan pencatatan pemesanan dan disimpan kedalam basis data agar dapat dengan mudah untuk pencarian data. Pihak production dapat menginput jumlah kaca yang sudah diolah agar dapat menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh marketing kapanpun dan dimanapun menggunakan jaringan. Data pelanggan, produksi, dan penjualan dapat dilakukan pengolahan data untuk diubah dalam bentuk grafik(dashboard) dan laporan sebagai suatu pendukung dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang. Dilakukan pengujian aplikasi menggunakan black box testing dengan desain test case sebanyak 17 mencakup fungsi-fungsi yang ada, didapatkan tingkat keberhasilan 100%.