TA Analisis dan Perancangan User Interface pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumenep dengan Metode User Centered Design (UCD) Based On Contextual Design

Main Author: Anggara, Andi Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5276/1/15410100164-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5276/2/15410100164-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5276/
Daftar Isi:
  • Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumenep (BKPSDM) sebagai satuan kerja perangkat daerah untuk mengemban tugas dalam menjamin kelancaran penyelenggaraan manajemen kepegawaian di daerah Kabupaten Sumenep. Salah satu program yang dilaksanakan dalam membangun tata kelola kepegawaian ini adalah dengan penataan kelola data pegawai melalui Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG). Berdasarkan observasi dengan pengguna Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Kabupaten Sumenep, ditemukan permasalahan berupa dari segi tampilan dan proses kerja saat menggunakan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG). Dari permasalahan yang ditemukan pada SIMPEG, maka ditawarkan metode User Centred Design (UCD) based on Contextual Design (CD) yang menempatkan pengguna Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) sebagai pertimbangan utama dalam membangun sebuah sistem baru. Dalam proses perancangan contextual design terdapat 6 (enam) langkah yang dilakukan mulai dari collecting data, interpretasi, konsolidasi data, visioning, storyboarding, user environment design dan prototyping. Dengan adanya perancangan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) menggunakan metode user centered design (UCD) based on contextual design menghasilkan perancangan desain user interface dan user experience Sistem Informasi Kepegawain (SIMPEG) baru yang terdiri dari fitur: menu login, menu lupa password, menu pegawai, menu anjab, menu pensiun, menu ulang tahun dan menu akun. Fungsi: ubah, hapus, simpan, unduh data pegawai yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.