TA Analisa dan Desain Antarmuka Indonesian Marketplace Berbasis Usability Testing (Studi pada Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli)
Main Author: | Fadillah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5250/13/16410100078-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5250/2/16410100078-2020-LAMPIRAN.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5250/ |
Daftar Isi:
- Pada perusahaan marketplace, aplikasi menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan itu sendiri salah satunya adalah untuk mengetahui kebutuhan dari pengguna yang berdampak pada kepuasaan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna ketika berinteraksi dengan aplikasi marketplace yaitu pengguna mengalami kesulitan ketika mengakses aplikasi, pengguna merasa aplikasi tersebut terlalu rumit sehingga sulit untuk dipahami dan sistem yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi dinyatakan berhasil apabila aplikasi tersebut mampu menjalankan fungsinya seperti keandalan, ketepatan dan kemudahan dalam pengoperasian. Solusi berdasarkan permasalahan yang ada dengan menganalisis menggunakan usability testing terhadap lima aplikasi marketplace (Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan Blibli) dan merancang user interface menggunakan design sprint yang terdiri dari 5 proses yaitu understand, diverge, decide, prototype dan validate. Pada proses validate menggunakan metode A/B testing kepada 100 responden pengguna aplikasi marketplace. Berdasarkan analisis maka dapat diketahui bahwa aplikasi marketplace Tokopedia memiliki nilai usability tertinggi yaitu 93% dan urutan kedua yaitu aplikasi Shopee dengan nilai (92%). Setelah dilakukan analisis maka dilakukan perancangan user interface dan menghasilkan prototype akhir yang merupakan gabungan dari prototype A dan prototype B. Serta menghasilkan user interface yang sesuai dengan ekspetasi yaitu untuk mendapatkan informasi yang jelas dan mencapai tujuan terbentuknya aplikasi marketplace.