TA Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan E-Travel Umroh dan Haji menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Website pada PT Azfa Nur Haromain

Main Author: Bahtiar, Mohammad Nurrahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5247/1/14410100062-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5247/2/14410100062-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5247/
Daftar Isi:
  • PT Azfa Nur Haromain merupakan perusahaan jasa tour parawisata religi yang berlokasi di Jalan Pujangga No. 13 A Kapanjin – Sumenep Madura. PT Azfa Nur Haromain memiliki website yang beralamat www.azfaharomain.com. Berdasarkan observasi dan wawancara di PT Azfa Nur Haromain, masalah yang dihadapi berada pada bagian pemasaran, yaitu optimalisasi website sebagai sarana pemasaran. Saat ini website hanya berisi tentang company profile, belum optimal untuk mendukung proses pemasaran antara lain, pendaftaran konsumen, hingga perluasan pemasaran. Saat ini jumlah kunjungan pada website kurang lebih 30-40 pengunjung perharihanya untuk melihat sepintas detail paket umroh/haji yang ditawarkan. Perusahaan mengharapkan website PT Azka Nur Haromain lebih menarik pengunjung untuk mendaftar. Selain itu, perusahaan juga berharap, calon pelanggan dapat menarik calon pelanggan lain/multi level marketing karena adanya fasilitas-fasilitas menarik. Solusi yang akan diterapkan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan membuat “Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan E-Travel Umroh dan Haji Menggunakan Metode Gamifikasi pada PT Azfa Nur Haromain”. Metode gamifikasi yang dibangun mengunakan komponen elemen seperti : point, badge, leaderboard, dan reward. Elemen point didapatkan ketika jamaah melakukan pembuatan akun baru, menabung, rutin menabung, berhasil berangkat umroh/haji, dan jamaah get jamaah. Elemen badge digunakan untuk tanda akun jamaah yang diperoleh, ketika melakukan banyak interaksi terhadap website berdasarkan point yang dikumpulkan. Elemen leaderboard digunakan untuk menampilkan posisi peringkat 10 jamaah tertinggi dengan periode tertentu. Elemen reward digunakan untuk melakukan penukaran souvenir yang disediakan dengan menggunakan point yang dimiliki jamaah. Pada komponen-komponen ini nantinya akan membantu perusahaan untuk mengoptimalkan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dapat menghasilkan pendekatan terhadap para jamaah dengan melakukan suatu aktifitas bisnis bidang umroh/haji yang menggunakan aturan komponen elemen dalam game pada aktivitas non-game dengan tujuan meningkatkan interaktivitas jamaah yang menguntungkan bagi para jamaah dan perusahaan. Selain itu, aplikasi dapat mempercepat dan mempermudah dalam proses pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan pembatalan dari semua outlet yang ada di berbagai daerah. Hasil uji coba sudah berjalan 100% sesuai dengan kebutuhan permasahan di atas dan pemilik perusahaan.