TA Perancangan Video Promosi Babad Peniwen di Wisata Budaya Desa Peniwen sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Main Author: Manuel, Joshua Eri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5210/1/15420100012-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5210/2/15420100012-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5210/
Daftar Isi:
  • Desa Peniwen merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kromengan. Desa Peniwen berbeda dengan wilayah desa lain yang ada di Kabupaten Malang, dikarenakan sebagian besar penduduknya menganut agama kristen protestan. Terdapat tiga jenis wisata yang menjadi ciri utama dari Desa Peniwen ini, yaitu wisata religi, wisata budaya dan wisata edukasi. Masing-masing wisata memiliki nilai dan tujuan yang dibutuhkan oleh wisatawan. Desa Wisata Budaya Peniwen bahwa wisata budaya ini sudah dikenal hingga luar Kabupaten Malang. Bahkan 38 negara pernah berkunjung untuk melakukan kegiatan iCamp di Desa Peniwen ini (www.timesindonesia.co.id). Pencapaian ini akibat dari promosi yang dilakukan melalui akun media sosial Wisata Budaya Desa Peniwen. Namun pada tahun 2017 hingga tahun 2019 jumlah pengunjung Wisata Budaya Desa Peniwen mengalami penurunan yaitu dari 700 pengunjung menjadi 400 pengunjung. Hal ini disebabkan Wisata Budaya Desa Peniwen ini hanya menggunakan media sosial Instagram, dan isi kontennya tidak menunjukkan secara menyeluruh tentang wisata budaya Desa Peniwen, melainkan hanya menampilkan beberapa testimoni dari beberapa wisatawan yang hadir. Selain kurangnya informasi yang lengkap pada brosur yang dimiliki, Wisata Budaya Desa Peniwen belum memiliki media promosi lainnya. Solusi yang diberikan adalah merancang video promosi Babad Peniwen di Wisata Budaya Desa Peniwen sebagai upaya meningkatkan Brand Awareness. Media yang digunakan adalah video yang nantinya akan dipublikasikan ke media sosial yang dirasa tepat, karena media sosial saat ini telah menjadi trend dan kebutuhan. Berdasarkan paparan diatas bahwa masyarakat masih belum mengenal tentang keunggulan dari Wisata Budaya Desa Peniwen sehingga mempengaruhi tingkat kesadaran merek dari Wisata Budaya Desa Peniwen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap Wisata Budaya Desa Peniwen melalui kelebihan-kelebihan yang dimiliki.